Selasa 04 Jun 2019 16:37 WIB

Harga Daging Sapi di Medan Melonjak Rp 130 Ribu per Kg

Harga daging sapi di Medan melonjak Rp 130 ribu per Kg dari biasanya Rp 110 ribu

Pedagang daging sapi menunggu pembeli (ilustrasi)
Foto: Antara/Saiful Bahri
Pedagang daging sapi menunggu pembeli (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Harga daging sapi di pasar Kota Medan, Sumatera Utara pada H-1 Lebaran 2019 mencapai Rp 120 ribu hingga Rp 130 ribu per kg. Angka ini naik Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu per kg dari harga normal.

Pedagang daging di Pasar Simpang Limun, Yunus, di Medan, Selasa mengatakan, harga daging itu sudah bergerak naik sejak Sabtu.

Baca Juga

"Sebenarnya saat mau puasa Ramadhan harga juga sudah segitu (Rp 120 ribu - Rp 130 ribu per kg). Tetapi sempat kembali normal dan naik lagi mendekati Lebaran," katanya.

Dia menyebutkan, permintaan daging sapi sudah mulai banyak sejak Sabtu lalu. Meskipun, kata Yunus lagi, konsumen membeli dalam jumlah terbatas.

Kepala Perum Bulog Divre I Sumut, Basirun menyebutkan, Bulog sudah menjual daging kerbau beku di sejumlah lokasi dengan harga eceran tertinggi (HET) Rp 80 ribu per kg. Dia menyebutkan, permintaan daging kerbau beku menjelang Lebaran meningkat.

"Lonjakan harga daging sapi memang sulit dihindari karena permintaan banyak. Tetapi, ketersediaan daging kerbau beku bisa menjadi pilihan konsumen," katanya pula.

Basirun menegaskan, stok daging Bulog sekitar 41 ton sudah digelontorkan secara bertahap ke pasar dan sejumlah lokasi lainnya.

"Bulog tidak khawatir stok habis, karena akan terus ada pasokan tambahan," katanya lagi.

Meski begitu konsumen di Pasar Sambas, Medan, Lina mengaku tetap membeli daging sapi segar, meski mengetahui ada daging kerbau beku."Untuk rendang rasanya tetap aja daging sapi segar. Daging kerbau enak untuk dendeng," katanya pula.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement