Senin 03 Jun 2019 09:19 WIB

Jelang Lebaran, Kawasan Jakarta Pusat Lengang

Warga Jakarta sudah banyak yang pulang ke kampung halaman alias mudik.

Rep: Mimi Kartika/ Red: Andi Nur Aminah
Suasana Jalan Jenderal Sudirman yang lengang di Jakarta, Selasa (1/1).
Foto: Republika/Prayogi
Suasana Jalan Jenderal Sudirman yang lengang di Jakarta, Selasa (1/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hari Raya Idul Fitri hanya tinggal menghitung hari, sekitar dua atau tiga hari lagi. Masyarakat sebagian telah meninggalkan ibu kota. Mereka sudah pulang ke kampung halaman alias mudik.

Berdasarkan pantauan Republika.co.id Senin (3/6) pagi, sejumlah jalanan di pusat Jakarta cukup lengang. Seperti Jalan Abdul Muis, Jalan Sudirman, dan Jalan MH Thamrin. Tak ada antrean kendaraan saat melintasi lampu lalu lintas. "Iya sudah sepi nih, enak jalanan enggak macet," ujar pengemudi ojek daring, Rendra.

Baca Juga

Manurut dia, kondisi lalu lintas seperti ini jarang sekali terjadi di Jakarta. Apalagi di hari Senin ini. Akan tetapi, ia tak kecewa karena masih mendapatkan penumpang. "Alhamdulillah kalau penumpang ada saja. Mereka yang mau ke mal, mau mudik nganterin ke stasiun-stasiun," kata Rendra.

Kawasan Tanah Abang di Jalan Jatibaru Raya juga terpantau lengang dibandingkan beberapa hari sebelumnya. Hal itu terlihat tak ada kepadatan di luar area pintu Stasiun Tanah Abang yang lama.

Kendati beberapa pedagang kaki lima (PKL) yang menjual makanan, amplop lebaran, dan lain-lainnya masih mencari rejeki di sana. Sebagian penumpang kereta rel listrik (KRL) juga masih ada yang ingin berbelanja di Pasar Tanah Abang.

"Memang sengaja sih ke Tanah Abangnya sekarang, sudah sepi kan pada mudik. Kereta saja lumayan sudah longgar. Sekalian saja jalan-jalan," kata Dita saat ditemui di Stasiun Tanah Abang.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement