Sabtu 01 Jun 2019 23:34 WIB

BNN Jabar Gelar Tes Urine di Bandara Husein

pelaksanaan tes urine tersebut melibatkan tim gabungan.

Rep: Djoko Suceno/ Red: Esthi Maharani
Anjing pelacak ( K9) BNNP Jabar dilibatkan dalam pencegahan peredaran narkoba dan tes urine terhadap kru pesawat terbang di Bandara Husein.
Foto: Dok BNNP Jabar
Anjing pelacak ( K9) BNNP Jabar dilibatkan dalam pencegahan peredaran narkoba dan tes urine terhadap kru pesawat terbang di Bandara Husein.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Barat melakukan tes urine di Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat, Jum'at (31/05). Sasarannya adalah pilot, kru pesawat, dan kargo. Kegiatan tersebut melibatkan instansi terkait.

Kepala BNNP Jabar, Brigjen Pol Drs Sufyan Syarif, mengatakan kegiatan ini merupakan antisipasi atau pencegahan agar pilot dan pramugari tidak mengkonsumsi narkoba. Karena jika pilot dan kru pesawat terpapar narkoba, tentu bisa membahayakan semua orang. Menurut dia, kegiatan ini merupakan pengamanan menjelang arus mudik lebaran. Tes urine dilakukan terhadap 55 orang terdiri dari pilot dan pramugari. Mereka yang di tes urine berasal dari tujuh perusahaan penerbangan domestik dan luar negri. Diantaranya, Lion Air, Wing, dan Air Asia.

Berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap sejumlah pilot dan kru pesawat tersebut, semuanya dinyatakan negatif. Sementara, untuk pemeriksaan di bagian kargo petugas BNN pun tidak menemukan adanya penyelundupan narkoba. Dalam kegiatan ini, petugas BNN pun melibatkan anjing pelacak. Dua ekor anjing pelacak yang baru bergabung di BNNP Jabar bekerja mengendus bagasi penumpang.

Sufyan menambahkan, pelaksanaan tes urine tersebut melibatkan tim gabungan. Terdiri dari 24 petugas BNNP Jabar, 10 petugas Dit Narkoba Polda Jabar, petugas Dishub Jabar, dan Pom AU Lanud Husein Sastranegara.

Tes urine berlangsung pukul 09.00 WIB. Sebelum tes berlangsung para petugas ini melakukan apel bersama dipimpin Danpom AU Mayor Krisna.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement