Jumat 17 May 2019 08:04 WIB

Berpeluang Duduki Kursi DPD, Ini Tanggapan Jimmly

Jimly calon anggota DPD dengan Daerah Pemilihan (Dapil) DKI Jakarta.

Rep: Mimi Kartika/ Red: Esthi Maharani
Ketua Umum ICMI, Jimly Asshiddiqie
Foto: Republika TV/Surya Dinata
Ketua Umum ICMI, Jimly Asshiddiqie

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie menanggapi hasil rekapitulasi suara sementara KPU DKI Jakarta. Ia merupakan calon anggota DPD dengan Daerah Pemilihan (Dapil) DKI Jakarta.

"Alhamdulillah artinya masyarakat memberikan kepercayaan ya. Artinya kalau memang itu benar, ya kan saya juga sama (masih menunggu)," ujar Jimly kepada wartawan di kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Kamis (16/5).

Ia mengimbau, masyarakat menunggu keputusan hasil penghitungan suara resmi KPU. Menurutnya, jika hasil sementara itu menyebut dirinya masuk ke DPD RI, artinya masyarakat memberikan dirinya kepercayaan.

"Mudah-mudahan benar. Ya artinya masyarakat memberikan kepercayaan. Tadinya saya pikir saya ini hanya dikenal di kalangan elite," kata dia.

Jimly mengatakan, ternyata dirinya tak hanya dikenal di kalangan elite. Justru kata dia, emak-emak juga mengenalnya. Selain itu, bagi dia, hasil sementara yang menyebutkan bahwa empat nama yang lolos melenggang ke DPD, dua diantaranya pejawat.

Serta komposisi dua laki-laki-laki dinilai menjadi lebih adil dan proporsional. Berdasarkan hasil sementara itu, empat nama yang berpeluang DPD RI diantaranya Jimly Asshiddiqie, Sabam Sirait, Fahira Idris, dan Sylviana Murni.

"Jadi ini lebih adil. Keadilan gender dan proporsional untuk perbaikan. Tidak seperti misalnya, daerah yang empat-empatnya perempuan, itu di Sumatera Selatan, empat perempuan dan itu baru semua," lanjut Jimly.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement