Sabtu 11 May 2019 06:21 WIB

Nenek yang Tercebur dalam Sumur Berhasil Diselamatkan

Tim rescue di Depok menurunkan sebanyak 11 personel.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Endro Yuwanto
Sumur/ilustrasi
Sumur/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Tim Rescue Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok berhasil menyelamatkan seorang nenek, Torida Siregar (67 tahun), warga Jalan Bersama 1 RT 01/ RW 01, Sukamaju, Cilodong, yang tercebur ke dalam sumur sedalam 20 meter. Hampir satu jam akhirnya nenek itu berhasil dievakuasi.

Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok Gandara Budiana mengatakan, awal kejadian nenek tersebut tercebur dalam sumur pada Jumat (10/5) pukul 05.00 WIB. Saat itu, pihak keluarga mendengar seperti ada yang terjatuh ke sumur. Setelah diperiksa ternyata benar, korban sudah berada di sumur sedalam 20 meter.

"Kami sampai ke tempat kejadian perkara (TKP) sekitar pukul 05.45 WIB. Alhamdulillah korban bisa kami angkat ke atas dengan selamat pada pukul 07.00 WIB," ujar Gandara, Jumat (10/5).

Menurut Gandara, untuk menyelamatkan nenek tersebut, tim rescue menurunkan sebanyak 11 personel. Saat proses penyelamatan ditemukan sejumlah kendala yakni kondisi lubang sumur yang sempit, sehingga dibutuhkan waktu dalam menentukan alat yang tidak menghambat proses evakuasi korban.

"Untuk evakuasi akses sumur itu disebut confine space area, yaitu area yang tipis kandungan oksigen dan potensi gas berbahaya juga ruang yang terbatas. Namun dengan kemampuan dan mental yang kuat personel kami bisa mengatasi itu semua," jelas Gandara.

Dalam evakuasi, petugas mengerahkan berbagai peralatan yang menunjang proses penyelamatan, antara lain Tripod Rescue, Pulley Rescue Sistem, Self Contain Breathing Apparatus (SCBA), dan Harnest dan Fullbody Harnes. "Dengan peralatan modern yang dimiliki, kami tetap siap siaga 24 jam untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat," kata Gandara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement