Kamis 09 May 2019 17:31 WIB

H-14, Proyek Jalan di Banyumas Dihentikan Sementara

Pekerjaan yang belum selesai, tidak akan menggangu arus mudik.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Dwi Murdaningsih
Pekerja menggunakan alat berat saat menyelesaikan perbaikan Jalan Tol Pejagan-Pemalang kilometer 316, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Selasa (7/5).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Pekerja menggunakan alat berat saat menyelesaikan perbaikan Jalan Tol Pejagan-Pemalang kilometer 316, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Selasa (7/5).

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Dua pekan sebelum lebaran, proyek pengerjaan jalan di Banyumas dihentikan sementara. Sejumlah proyek pekerjaan jalan, saat ini sedang dikerjakan di beberapa titik wilayah Kabupaten Banyumas. Dikhawatirkan, proyek pekerjaan jalan ini akan mengganggu kelancaraan arus lalu lintas yang berlangsung selama arus mudik lebaran.

''Ya memang, saat ini di beberapa lokasi wilayah Banyumas sedang dilaksanakan proyek pemeliharaan jalan,'' kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Wilayah Ajibarang-Purwokerto-Banjarnegara Ditjen Bina Marga, Christianto Budi Raharjo, Kamis (9/5). 

 Pekerjaan yang dilaksanakan, ada yang hanya berupa kegiatan pengaspalan ulang. Namun ada juga yang dilakukan betonisasi. Dia memastikan, proyek pemeliharaan jalan yang saat ini sedang dikerjakan, kemungkinan tidak akan selesai pada H-14 sebelum lebaran. 

Namun dia memastikan, pekerjaan jalan yang belum selesai, tidak akan menggangu arus mudik dan arus balik lebaran. ''Semua jalan yang sedang dilakukan perbaikan, kita upaya agar bisa dilalui semua kendaraan,'' katanya. 

Dia menyebutkan, dalam tahun anggaran 2019 ini, wilayah Kabupaten Banyumas mendapat alokasi anggaran perbaikan jalan sebesar Rp 49 miliar. Dengan anggaran tersebut, perbaikan jalan dilakukan di cukup banyak lokasi. ''Ada yang pekerjaannya dilakukan dengan pengaspalan ulang, namun ada yang dilakukan dengan cara dicor beton,'' katanya.

Bebetapa ruas jalan di Banyujmas yang saat ini sedang dilakukan cor beton, antara lain di ruas jalan nasional jalur Selatan wilayah Banyumas. Di ruas sepanjang 10,2 kilometer mulai dari wilayah Kecamatan Tambak hingga Wangon, saat ini ada beberapa lokasi yang sudah mulai dilakukan pekerjaan pengecoran. 

Antara lain di wilayah tepatnya di wilayah Desa Klapagading Kecamatan Wangon sepanjang 800 meter, Tambak-Buntu sepanjang 1.765 meter, Buntu-Sampang panjang 892 meter, Sampang-Rawalo sepanjang 3.253 meter dan Menganti-Wangon sepanjang 4.200 meter. 

Namun dari ruas sepanjang itu, pengerjaan beton jalan sepanjang 2.300 meter ditagetkan selesai pada H-15 sebelum lebaran. Ruas jalan yang diselesaikan, mulai dari Tambak-Buntu sepanjang 1.100 meter dan ruas jalan Menganti-Wangon sepanjang 1.200 meter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement