Selasa 07 May 2019 21:09 WIB

Jokowi Bocorkan 4 Titik yang Disiapkan Jadi Ibu Kota

Jokowi melakukan peninjauan di 4 titik itu via jalur udara dan darat.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Andi Nur Aminah
Presiden Joko Widodo
Foto: Antara/Ahmad Subaidi
Presiden Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKARAYA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) membeberkan empat titik di Kalimantan Tengah yang akan ditinjau sebagai calon lokasi ibu kota baru pemerintahan RI. Keempat lokasi yang akan dikunjungi pada Rabu (8/5) besok berada di Kabupaten Gunung Mas, Kabupaten Katingan, Kabupaten Pulang Pisau, dan Kota Palangkaraya.

Presiden menyebutkan, peninjauan akan dilakukan via jalur udara dan darat. "Besok mau diantar oleh Pak Gubernur Kalteng untuk melihat lokasi dari atas dan dari darat," jelas Presiden usai menjalankan shalat tarawih di Masjid Darul Arqam, Selasa (7/5).

Baca Juga

Presiden menyebutkan, peninjauan lapangan ini akan melengkapi kajian yang telah dilakukan oleh Bappenas mengenai calon ibu kota baru. Sejumlah aspek yang dikaji, ujar Jokowi, antara lain adalah sosiologi, lingkungan, kebencanaan, sosial politik, ketersediaan air bersih, hingga kondisi tanah gambut yang berpengaruh pada konstruksi bangunan.

"Semuanya akan dicek dilihat dikalkulasi oleh tim. Saya hanya melihat lapangannya. Kemudian biar ada feeling begitu, nanti dalam memutuskan biar tidak salah," jelas Presiden.

Sebelum mendatangi Kaltim, Jokowi telah lebih dulu meninjau salah satu calon lokasi ibu kota baru di Bukit Soeharto, Kalimantan Timur. Jokowi menyebut lokasi itu memiliki keunggulan dari segi kesiapan infrastruktur karena diapit dua kota besar yakni Balikpapan dan Samarinda. Apalagi, tak lama lagi jalur tol yang menghubungkan kedua kota tersebut segera tersambung. "Tapi kan bukan hanya itu saja. Banyak aspek yang lain yang harus dihitung dan dikalkulasi," katanya. N Sapto Andika Cand

Sent from Gmail Mobile

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement