Kamis 02 May 2019 18:47 WIB

Tunggakan Pelanggan PDAM Tangerang Capai Rp 5,16 Miliar

Puluhan ribu pelanggan PDAM Tangerang menunggak pembayaran tagihan.

Petugas memeriksa delapan buah filter air di sebuah Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).
Foto: ANTARA/Iggoy el Fitra
Petugas memeriksa delapan buah filter air di sebuah Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Tunggakan pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kerta Raharja (TKR) milik Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, mencapai Rp 5,16 miliar. Besarnya tunggakan rekening pembayaran tersebut berasal dari tagihan Januari 2015 hingga akhir 2018 yang melibatkan 34.223 pelanggan.

"Berbagai upaya telah kami lakukan demi mengurangi piutang pelanggan tersebut," kata Dirut PDAM TKR Kabupaten Tangerang, Rusdy Machmud di Tangerang, Kamis.

Menurut Rusdy, PDAM TKR Kab Tangerang telah mengirimkan surat tagihan kepada pelanggan yang menunggak tersebut, tapi ada beberapa kendala dengan alasan belum diterima. Di antara penunggak, ada pula sejumlah pelanggan yang tinggal di kawasan perumahan mewah.

Dia mengatakan berupaya melalui terobosan mempermudah bagi pelanggan untuk membayar tagihan setiap bulan dengan cara teknologi digital. Dengan begitu, pelanggan tidak perlu repot ke kantor pembayaran atau ke bank yang telah ditunjuk.

"Cukup mengunakan ponsel pintar," katanya.

Upaya tersebut dianjurkan oleh Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, untuk segera dilaksanakan agar memudahkan pelanggan dalam membayar. Menurut dia, persoalan bukan berasal dari kondisi keuangan pelanggan yang menunggak melainkan faktor kesadaran membayar. Sistem pembayaran melalui transfer melalui bank dan melalui swalayan mini setempat sudah diberlakukan, tapi tunggakan pelanggan masih banyak.

"Saat ini, sistem pembayaran melalui ponsel pintar marak dilakukan masyarakat, untuk itu perlu juga diterapkan oleh PDAM setempat," ujarnya.

PDAM setempat menargetkan laba sebesar Rp79 milyar selama tahun 2019 dan sebelumnya mampu memberikan pemasukan ke kas daerah sebesar Rp21 miliar.

Pelanggan terbesar PDAM TKR berada di Kota Tangerang dan Bandara Internasional Soekarno-Hatta, serta kawasan pesisir.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement