Senin 29 Apr 2019 20:24 WIB

Gubernur Sumbar Ajak Siapkan 1 Ton Rendang untuk Bengkulu

Gubernur Sumbar menginisiasi pengumpulan satu ton rendang untuk Bengkulu.

Seorang ibu merendang gulai (mengaduk sampai kering) hingga menjadi rendang (ilustrasi).
Foto: Antara/Iggoy el Fitra
Seorang ibu merendang gulai (mengaduk sampai kering) hingga menjadi rendang (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Irwan Prayitno menginisiasi pengumpulan satu ton rendang untuk dikirimkan kepada para korban banjir di Provinsi Bengkulu. Imbauan pengumpulan rendang untuk para korban bencana itu dilakukan melalui pesan di media sosial Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Sumbar dan langsung ditindaklanjuti oleh tiap kepala SKPD.

"Kami segera siapkan," katanya di Padang, Senin.

Baca Juga

Menurut Irwan, bantuan tidak ditetapkan nilainya, namun biasanya Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintahan Sumbar ikut tergugah untuk mengumpulkan bantuan sehingga jumlahnya menjadi cukup banyak, mencapai satu ton. Ia mengatakan, rendang menjadi ikon bagi warga Sumbar untuk menunjukkan simpati kepada saudara sebangsa yang sedang mengalami bencana, seperti banjir bandang atau gempa dan tsunami.

Ajakan menjadikan makanan lezat khas Minangkabau itu sebagai bentuk simpati dimulai oleh Gubernur Irwan dan diikuti oleh ASN dan masyarakat umum. Rendang itu biasanya dikemas dalam bungkusan setengah kilogram agar lebih mudah untuk disalurkan kepada masyarakat di lokasi bencana.

Pengiriman rendang itu pernah dilakukan juga untuk korban gempa Aceh, gempa dan tsunami Sulawesi Tengah, gempa NTB dan tsunami Lampung.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement