Senin 29 Apr 2019 13:33 WIB

Kapolda Jabar: Pemilu di Jabar Aman dan Kondusif

Kapolda mengimbau warga Jabar tidak terprovokasi untuk turun ke jalan.

Rep: Djoko Suceno/ Red: Teguh Firmansyah
Kapolda Jabar, Irjen Pol Drs Agung Budi Maryoto menyerahkan penghargaan kepada Caswadi anggota Linmas Desa Pataka Lebak, Kabupaten Kuningan).
Foto: Humas Polda Jabar
Kapolda Jabar, Irjen Pol Drs Agung Budi Maryoto menyerahkan penghargaan kepada Caswadi anggota Linmas Desa Pataka Lebak, Kabupaten Kuningan).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG  -- Kapolda Jabar, Irjen Pol Drs Agung Budi Maryoto mengatakan, pelaksanaan Pemilu 2019 di wilayahnya berjalan aman dan kondusif. Bahkan kapolda menyatakan sebelum dan sesudah pemungutan suara tidak terjadi gangguan keamanan yang berarti.

"Saya mengapresiasi seluruh masyarakat Jabar yang betul-betul religius, agamis dan santun. Sehingga pelaksanaan Pemilu di Jabar aman tanpa gangguan berarti. Yang semula dikhawatirkan ricuh, enggak ada, semuanya baik-baik saja. Kami menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat Jabar," kata  dia usai memberikan penghargaan kepada 15 anggota Polri, TNI, dan masyarakat sipil di Mapolda Jabar, Senin (29/4).

Baca Juga

Menurut jenderal bintang dua yang akan menduduki jabatan baru sebagai Kabaintelkam ini, kondisi yang aman dan terkendali ini harus terus dijaga hingga penetapan oleh KPU nanti. Untuk itu ia mengajak masyarakat Jabar agar tidak mudah terprovokasi untuk turun ke jalan.

"Situasinya di lapangan sangat kondusif. Tidak usah ada mobilisasi masyarakat, mari kita tunggu hasil resmi KPU,"ujar dia yang akan mendapat tambahan satu bintang (komjen) di pundaknya saat dilantik menjadi Kabaintelkam menggantikan Komjen Unggung Cahyono.

Kapolda mengatakan, jika masyarakat tak puas dengan hasil pemilu hendaknya melakukan langkah-langkah yang sesuai dengan aturan konstitusi. Ia percaya masyarakat Jabar sudah sangat dewasa dalam menyikapi hasil pemilu 2019 ini.

"Tidak ada langkah-langkah inkonstitusional. Ada jalurnya, via MK dan seterusnya. Ada mekanismenya, tidak boleh apalagi sampai ada people power. Saya harap masyarakat Jawa Barat masyarakat yang cerdas, lebih mementingkan persatuan dan kesatuan bangsa," tutur dia.

Sebagaimana diketahui, Kapolda Jabar, Irjen Pol Drs Agung Budi Maryoto, memberikan apresiasi kepada 15 orang terdiri dari unsur Polri, TNI, petugas KPPS, dan Linmas. Ke-15 orang tersebut dinilai telah memberikan kontribusi besar terhadap penyelengaraan Pemilu 2019 di wilayah Jabar yang berlangsung aman dan lancar. Pemberian penghargaan tersebut dilakukan dalam upacara khusus di Lapangan Mapolda Jabar dengan inspektur upacara Kapolda Jabar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement