Selasa 16 Apr 2019 11:20 WIB

Libur Panjang, PT KAI Operasikan 11 Kereta Tambahan

Kereta tambahan dioperasikan agar masyarakat dapat berlibur ke luar kota

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Christiyaningsih
Ilustrasi kereta api
Foto: ANTARA FOTO
Ilustrasi kereta api

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT KAI Daop 1 mengoperasikan 11 kereta tambahan pada pekan ini karena adanya peringatan Wafatnya Isa Almasih yang jatuh pada Jumat (19/4). Kereta tambahan tersebut dioperasikan agar masyarakat dapat memanfaatkannya untuk berlibur ke luar kota.

Kepala Humas PT KAI Daop 1, Eva Chairunisa, mengatakan ada 5.512 tempat duduk per harinya yang ditambahkan untuk melayani para pengguna jasa kereta api. "Dari 11 KA tambahan yang dioperasikan tersebut, delapan KA diberangkatkan dari Stasiun Gambir dan tiga KA diberangkatkan dari Stasiun Pasarsenen dengan tujuan Bandung, Cirebon, Kutoarjo, Yogyakarta, dan Solo," ujarnya lewat keterangan resmi yang diterima, Selasa (16/4).

Baca Juga

Sedangkan untuk kereta reguler per harinya disediakan 34.804 kursi dari 58 kereta keberangkatan, baik dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasarsenen. "Ada 32 KA keberangkatan dari Stasiun Gambir dengan 15.286 kursi yang disediakan. Sedangkan dari Stasiun Pasarsenen ada 26 KA dengan 19.518 seat yang disediakan," ujar Eva.

Adapun tingkat keterisian tempat duduk di kedua stasiun, mulai 15 hingga 21 April mencapai 76 persen. Keterisian pada 16 sampai 18 April sudah melebihi 90 persen. "Sementara untuk 19 April tersisa sekitar 20 persen dari total tempat duduk yang disediakan," ujar Eva.

Ia menjelaskan jumlah tiket yang terjual akan terus bertambah sejalan dengan ketersediaan tempat duduk yang masih ada. Pembelian tiket masih dapat dilakukan hingga menjelang keberangkatan kereta pada tanggal dan jam yang diinginkan oleh para calon pengguna jasa. "Pembelian tiket melalui loket di stasiun masih dapat dilakukan hingga 30 menit sebelum waktu keberangkatan kereta jika tiket masih tersedia," ujar Eva.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement