Selasa 16 Apr 2019 08:51 WIB

Libur Panjang Akhir Pekan, KAI Operasikan Kereta Tambahan

Kereta tambahan ini untuk melayani pengguna jasa kereta api mulai 15 sampai 21 April

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya
PT Kereta Api Indonesia (Ilustrasi)
Foto: Antara
PT Kereta Api Indonesia (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peringata wafat Isa Almasih yang atuh pada Jumat (19/4) membuat libur akhir pekan ini menjadi lebih panjang. Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Eva Chairunisa mengatakan akan mengoperasikan kereta tambahan untuk mengantisipasi libur panjang rersebut.

"Tren kenaikan jumlah penumpang, terutama di saat long weekend diantisipasi KAI Daop 1 Jakarta dengan mengoperasikan 11 kereta api (KA) tambahan," kata Eva dalam pernyataan tertulis yang diterima Republika, Selasa (16/4).

Baca Juga

Dia menjelaskan terdapat 5.512 tempat duduk maksimal perharinya yang ditambahkan untuk melayani para pengguna jasa KA mulai 15 sampai 21 April 2019. Dari 11 KA tambahan yang dioperasikan tersebut, sebanyak delapan KA diberangkatkan dari Stasiun Gambir dan tiga KA diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen dengan tujuan Bandung, Cirebon, Kutoarjo, Yogyakarta, dan Solo.

 

Sedangkan untuk KA reguler, lanjut Eva, perharinya telah disediakan total 34.804 tempat duduk dari 58 KA keberangkatan di Stasiun Gambir dan Pasar Senen. "Ada 32 KA keberangkatan dari Stasiun Gambir dengan 15.286 tempat duduk yang disediakan. Sedangkan dari Stasiun Pasar Senen ada 26 KA dengan 19.518 tempat duduk yang disediakan," jelas Eva.

Dia menambahkan, tingkat keterisian tempat duduk di kedua stasiun mulai antara tanggal 15 sampai 21 April sudah mencapai 76 persen sebab pada tanggal 16 sampai 18 April sudah melebihi 90 persen. Sementara untuk tanggal 19 April 2019 hanya tersisa sekitar 20 persen dari total tempat duduk yang disediakan.

Eva memprediksi Jumlah tiket yang terjual tersebut akan terus bertambah sejalan dengan ketersediaan tempat duduk yang masih ada. Dia memastikan pembelian tiket yang masih tersedia dapat dilakukan hingga menjelang keberangkatan kereta pada tanggal dan jam yang diinginkan oleh para calon pengguna jasa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement