Ahad 14 Apr 2019 10:35 WIB

Pemprov Jabar akan Luncurkan Mobile Puskesmas

Mobile Puskesmas Pemprov Jabar bertujuan memaksimalkan pelayanan hingga pelosok.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Gita Amanda
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Foto: Republika/Edi Yusuf
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) melalui Dinas Kesehatan Provinsi Jabar akan meluncurkan MPUS (MOBILE PUSKESMAS), untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan hingga pelosok di Jawa Barat. Peluncuran MPUS akan digelar, Senin (15/4), di Cililin Kabupaten Bandung Barat.

Menurut Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Mobile Puskesmas ini akan berkeliling mengunjungi daerah-daerah terpencil di Jawa Barat “Ini adalah upaya kami untuk memberikan pelayanan kesehatan seperti halnya puskesmas kepada masyarakat Jawa Barat tercinta,” ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil di Bandung, akhir pekan lalu.

Baca Juga

Emil mengatakan, MPUS memiliki target untuk memberi pelayanan kesehatan di wilayah yang sulit aksesibilitas terhadap layanan kesehatan dan rentan tak terlayani. “Ada sentuhan teknologi informasi di MPUS dengan memberi layanan telemedicine atau konsultasi spesialistik melalui digital teknologi,” katanya.

Emil berharap dengan begitu dapat mengurangi beban rujukan yang tidak perlu. Kedepannya, MPUS akan beroperasi di 27 Kota Kabupaten di Jawa Barat. Lima unit di antaranya adalah CSR dari Bank BJB. Layanan yang diberikan mencakup promotif (edukasi/penyuluhan kesehatan); preventif (imunisasi); kuratif (pengobatan) umum dan spesialistik; serta rehabilitatif.

MPUS, kata dia, adalah hasil kolaborasi dari Tim MPUS-Dinkes & DOCTA TECH Australia, JABAR QUICK RESPONSE, Jabar Bergerak, IDI Jabar, KIDI Jabar, PPNI Jabar dan Patriot Desa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement