Ahad 14 Apr 2019 01:40 WIB

AHY: Investigasi Surat Suara Tercoblos di Malaysia

AHY menilai surat suara tercoblos bisa merugikan rakyat Indonesia.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Teguh Firmansyah
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).
Foto: Antara/Saiful Bahri
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Komandan Komando Tugas Bersama (Kogasma), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ingin adanya investigasi secara utuh terkait surat suara tercoblos di Malaysia. Ia meminta otoritas terkait mencari dalang dalam kejadian ini.

"Tadi saya sudah sampaikan tentang pencoblos surat suara di Malaysia, jangan sampai berlalu begitu saja. Harus ada investigasi secara utuh dan benar-benar kami ingin proses itu berkeadilan," kata AHY berdasarkan rilis pers yang diterima Republika di Jakarta, Sabtu (13/4).

Baca Juga

Pasalnya, jika hal ini tidak diselidiki secara mendalam, AHY menilai akan merugikan masyarakat Indonesia. Selain itu, hal ini dikhawatirkan akan mencoreng nama baik Indonesia di dunia Internasional.

"Bayangkan kalau itu terjadi di sana-sini. Maka, akan merusak demokrasi serta melukai hati  masyarakat," ucapnya.

AHY  ingin proses demokrasi di Indonesia semakin berintegritas. Karena, integritas bisa menumbuhkan kepercayaan masyarakat. "Kalau hasilnya ataupun pemilu dilaksanakan dengan baik, adil dan demokratis, apapun hasilnya nanti kami semua bisa menerima," paparnya.

Kemudian, AHY meminta kepada para penyelenggara pemilu bisa mencegah agar kejadian ini tidak lagi terjadi di Indonesia. AHY juga mengajak masyarakat untuk turut menjamin kelancaran dan kondusifitas.

"Saya ingin mengajak semua pihak agar sama-sama menjamin menggunakan hak pilihnya pada tanggal 17 April nanti. Mudah-mudahan itu benar-benar menghasilkan proses demokrasi yang memang berkualitas," harapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement