Rabu 10 Apr 2019 22:29 WIB

Maruf Bershalawat Bersama Puluhan Ribu Warga Lamongan

Acara shalawatan tersebut dipimpin oleh Gus Ali Gondrong

Rep: Muhyiddin/ Red: Esthi Maharani
Maruf Bershalawat Bersama Puluhan Ribu Warga Lamongan
Foto: Muhyiddin / Republika
Maruf Bershalawat Bersama Puluhan Ribu Warga Lamongan

REPUBLIKA.CO.ID, LAMONGAN -- Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 01, KH. Ma'ruf Amin bershalawat bersama puluhan ribu warga Lamongan dan warga daerah sekitarnya di lapangan Desa Banyubang, Solokuro, Lamongan, Rabu (10/4) malam. Acara shalawatan tersebut dipimpin oleh Gus Ali Gondrong, yang merupakan pimpinan Mafia Sholawat.

Berdasarkan pantauan di lokasi, Kiai Ma'ruf tampak di dampingi istrinya, Nyai Wury Estu Handayani. Di atas panggung, Kiai Ma'ruf juga didampingi para tokoh dan ulama, yang di antaranya Ustaz Yusuf Mansur dan Rais Syuria PBNU, KH. Manarul Hidayat. Selain itu, hadir pula Bupati Lamongan, M Fadeli dan juga Bupati Gresik Sambari Halim Radianto, serta Anggota DPR RI Dapil Lamongan dan Gresik, Jazilul Fawaid.

Acara tersebut diawali dengan lagu-lagu shalawat dan juga lagu 'hubbul wathon' yang kerap dilantunkan warga NU. Kemudian dilanjutkan dengan lagu Indonesia Raya. Puluhan jamaah tampak khusyu mengikuti shalawat-shalawat yang dinyanyikan Gus Ali Gondrong.

Dalam tausiyahnya, Gus Ali Gondrong berpesan kepada puluhan ribu jamaah Mafia Sholawat dan warga Indonesia secara keseluruhan agar tetap bersatu meskipun berbeda pilihan di Pilpres 2019.

"Jangan kita mau diadu domba karena kita bukan domba," ujar Gus Ali Gondrong di sela-sela shalawatnya.

Menurut dia, Ibu Pertiwi saat ini masih menangis lantaran putra-putrinya belum bisa rukun. Karena itu, dia mengimbau kepada seluruh jamaahnya untuk merapatkan barisan. "Rapatkan barisan. Kita semua saudara sesama putra-putri ibu pertiwi. Kita semua tetap bersaudara siapapun pilihan calon presidenmu," ucapnya.

"Ibu pertiwi masih menangis karena putra putrinya masih banyak yang gak rukun," tegasnya.

Saat ditemui di sela-sela acara, Kiai Ma'ruf mengakui bahwa Gus Ali Gondrong merupakan pelantun shalawat yang kerap menularkan semangat kebangsaan. Karena itu, Kiai Ma'ruf mengapresiasi dakwah Gus Ali Gondrong.

"Ada juga semangat kebangsaanya, nasionalisme juga dimunculkan, sholawat dan semangat nasionalisme dan lagu perjuangan. saya kira itu bagus," kata Kiai Ma'ruf.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement