Selasa 09 Apr 2019 11:39 WIB

Pertanian dan Hutan di Karawang Jadi Fokus Perhatian Jokowi

Sektor kehutanan Karawang juga akan terus dikembangkan.

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Muhammad Hafil
Erick Thohir
Erick Thohir

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Ketua tim kampanye nasional (TKN) Jokowi-Amin, Erick Thohir, menilai, Kabupaten Karawang punya potensi yang sangat besar. Karena itu, Capres petahana Jokowi tetap akan fokus pada pembangunan di wilayah ini. Mengingat, Karawang merupakan salah satu wilayah penyangga ibu kota Jakarta, yang cukup potensial untuk terus dikembangkan.

"Pak Jokowi, sudah menyadari betul soal potensi Karawang ini," ujar Erick, di sela-sela kampanye terbuka Jokowi-Amin di Stadion Singaperbangsa, Karawang, Selasa (9/4).

Baca Juga

Erikc menyebutkan, selama 4,5 tahun kepemimpinan Jokowi-JK, banyak pembangunan proyek infrastruktur strategis di luar dua kota besar, Jakarta dan Bandung. Karena itu, Jokowi akan terus melanjutkan program pembangunan untuk memercepat tumbuhnya Karawang sebagai kota industri yang maju.

Salah satu program andalan Jokowi ini, lanjut Erick, kedepan adalah penyediaan akses modal bagi pengusaha lokal. Dengan begitu, program ini bertujuan untuk mendukung calon pengusaha Karawang.

Tentunya, melalui penyediaan akses modal dalam program bisnis lancar dan perempuan berdaya. Sektor pertanian juga, tak luput dari perhatian Jokowi-Amin. Yakni, melalui program petani canggih.

"Program ini petani canggih ini, juga  mendukung kemajuan hidup petani di Kabupaten Karawang yang menjadi lumbung padi nasional," ujarnya.

Tak hanya pertanian, sektor kehutanan Karawang juga akan terus berkembang. Dengan program perhutanan sosial, maka warga akan diajak untuk memberdayakan sekaligus mengkonservasi lingkungannya. 

Salah satu, perubahan yang riil di lapangan, yakni perhutanan sosial ini, telah mengangkat taraf hidup petambak udang di pesisir Kabupaten Karawang. Program ini, kedepan akan terus dioptimalkan.

Sehingga, semakin banyak warga yang bisa berusaha sekaligus menjaga konservasi mangrove. Untuk itu, segala program Jokowi-Amin ini, akan ditunjang dengan percepatan pembangunan infrastruktur.

"Kita juga tidak akan lupa dengan reformasi struktural, yang telah membuka jalan bagi terbangunnya pondasi struktur perekonomian yang lebih kuat dan berdaya saing di Kawarang," ujar Erick.

Jika Jokowi terpilih untuk kedua kalinya nanti, sambung Erick, program seperti ini akan diteruskan. Dengan tujuan, untuk membuat perekonomian menjadi lebih kokoh, produktif, mandiri, dan berdaya saing. Sehingga, mampu membuka lebih banyak lagi lapangan kerja. Menurunkan tingkat kemiskinan, dan mengurangi kesenjangan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement