Senin 08 Apr 2019 19:33 WIB

Ajarkan Manfaat Air Perlu Dilakukan Sejak Dini

Air menopang kesehatan hidup manusia

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Christiyaningsih
Ilustrasi minum air putih.
Foto: Photo by Maurício Mascaro from Pexels
Ilustrasi minum air putih.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Air memiliki berbagai manfaat untuk kehidupan dangan sangat dibutuhkan manusia guna mencapai hidup sehat. Air juga mendominasi tubuh manusia karena dalam tubuh manusia terdiri dari 60 persen air.

Untuk itu, edukasi terkait pemanfaatan air ini harus dilakukan sejak dini. Terlebih, asupan air yang cukup dapat meningkatkan kemampuan anak-anak.

Baca Juga

Hydration Science Director PT Tirta Investama (Danone-AQUA), Tria Rosemiarti, mengatakan edukasi dapat dilakukan melalui wahana baru yakni Zona Kebaikan Air yang dihadirkan di Taman Pintar. Melalui wahana ini, anak tidak hanya diajarkan mengenai pemanfaatan namun juga mendorong kesadaran untuk menjaga hidrasi dalam tubuh.

"Asupan air 200 sampai 400 mililiter sebelum berangkat sekolah akan meningkatkan kognitif anak. Dan itu pesan yang bisa disampaikan di Taman Pintar," kata Trus saat peresmian Zona Kebaikan Air di Taman Pintar Yogyakarta, Senin (8/4).

Dalam mewujudkan lingkungan yang bersih, gerakan sadar akan sampah melalui  area edukasi #BijakBerplastik pun dihadirkan. Diharapkan, anak-anak belajar cara menjaga lingkungan sejak dini melalui wahana ini.

Asisten Perekonomian Setda Kota Yogyakarta Kadri Renggono mengatakan Pemkot juga gencar mengampanyekan pengurangan penggunaan sampah plastik. Tidak hanya kepada masyarakat luas, namun juga di lingkungan Pemkot.

"Pemkot mengkampanyekan untuk mengurangi sampah plastik dengan membawa botol minum dan tidak pakai sedotan plastik," ujarnya. Dengan adanya wahana ini, ia berharap dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat.

Hal ini tentunya juga sebagai upaya untuk menjaga dan melestarikan lingkungan. "Saya mendukung dan mengapresiasi pelestarian air dan hidrasi sehat," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement