Jumat 05 Apr 2019 17:43 WIB

TKN Luncurkan Aplikasi Penghitungan Suara Pemilu

Aplikasi yang disediakan untuk relawan dan masyarakat itu untuk mengawal suara.

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Ratna Puspita
 Arya Sinulingga (kiri)
Foto: Antara/Ismar Patrizki
Arya Sinulingga (kiri)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin meluncurkan aplikasi guna mengawasi pemantauan pemungutan dan penghitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS). TKN mengatakan, aplikasi yang disediakan untuk relawan dan masyarakat itu ditujukan untuk mengawal suara di tiap-tiap TPS.

"Kita buat aplikasi khusus untuk mengawal suara dan membuat tarnsparansi dalam proses pemilu. Dengan aplikasi ini mudah-mudahan pemilu kita akan terkawal dengan baik," kata Juru Bicara TKN Arya Sinulingga di Jakarta, Jumat (5/4).

Baca Juga

Arya mengungkapkan, aplikasi yang disebut Jamin Relawan dapat diunduh di Google Play untuk smartphone Android. Dia menjelaskan, aplikasi tersebut memiliki tiga fitur utama, yakni ambil suara, pelaporan, dan notifikasi.

Ketua DPP partai Perindo melanjutkan, fitur ambil suara memu gkinkan masyarakan untuk mendapatkan penghitungan sesungguhnya atau real count di setiap TPS se-Indonesia. Sementara, fitur Laporan memungkinkan warga untuk melaporkan situasi di lapangan dengan mengirimkan foto dan video.

"Kalau sudah terkirim maka langsung ada notifikasi bahwa laporan sudah terkirim," kata Arya lagi.

Arya berharap aplikasi Jamin Relawan ini bisa menghindari kecurangan Pemilu 2019 yang terjadi dan berjalan lebih transparan. Dia mengatakan, aplikasi tersebut memang dikembangkan untuk menghindari kecurangan, mendukung transparansi dan fungsi monitoring pemilu 2019.

"Kita bisa ketahui real count. Kalau smua aktif maka gak butuh waktu lama, sehari dua hari antara quick count dan real count bisa dibandingkan," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement