Selasa 02 Apr 2019 18:03 WIB

Malang Bakal Bangun Kampung Arema

Posisinya berada di perbatasan antara Kota Malang dan Kabupaten Malang.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Endro Yuwanto
Anak dan para remaja Kelurahan Kasin, Kota Malang ikut meresmikan Kampung Keramat sebagai destinasi wisata tematik baru.
Foto: Republika/Wilda Fizriyani
Anak dan para remaja Kelurahan Kasin, Kota Malang ikut meresmikan Kampung Keramat sebagai destinasi wisata tematik baru.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Pamerintah Kota (Pemkot) Malang berencana membangun Kampung Arema dalam waktu dekat. Wisata baru ini bakal dibangun di wilayah Kelurahan Tasikmadu, Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur (Jatim).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni, menerangkan, lokasi Kampung Arema lebih tepatnya akan berada di depan Kampus ITN 2. Posisinya berada di perbatasan antara Kota Malang dan Kabupaten Malang.

Menurut Ida, alasan pemilihan kawasan tersebut tidak lepas dari faktor keramaiannya. Lokasi tersebut diprediksi akan meningkat lalu-lintasnya, mengingat berdekatan dengan tol Pandaan-Malang. Pengunjung yang akan ke Batu nantinya dapat mampir ke Kampung Arema karena letaknya tidak jauh dari jalur utama.

Untuk sementara, Ida mengaku, Pemkot Malang baru mempunyai lahan sekitar delapan hektare. Kemudian akan ditambahkan hingga 25 hektare atas bantuan dari investor.

Ida belum memastikan, apakah kajian bersama investor akan terlaksana tahun ini atau 2020. "Kalau tidak tahun ini ya, tahun depan karena sampai tahun 2020," ujar Ida saat ditemui wartawan di Balaikota Malang, Selasa (2/4).

Lebih detail, Ida melanjutkan, konsep kampung tematik tersebut akan memiliki nuansa Arema kental. Tempat tersebut juga akan didirikan miniatur pantai. Bahkan, konsepnya kemungkinan akan serupa dengan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta. "Karena akan ada museum yang akan dibangun," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement