Senin 01 Apr 2019 13:15 WIB

Uji Coba Rekayasa Lalu Lintas di Cimahi Dimulai

Tiga ruas jalan di kota Cimahi uji coba rekayasa lalu lintas

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Esthi Maharani
Rekayasa lalu lintas
Foto: Republika/Yasin Habibi
Rekayasa lalu lintas

REPUBLIKA.CO.ID, CIMAHI- Ujicoba rekayasa lalu lintas di tiga ruas jalan di Kota Cimahi yang diberlakukan sistem satu arah (SSA) dimulai hari ini, Senin (1/4) hingga Sabtu (6/4) mendatang. Hal itu dilakukan untuk mengurai kepadatan kendaraan roda dua dan empat yang sering terjadi pada jam-jam sibuk.

Berdasarkan pantauan, arus lalu lintas di Jalan Sudirman, Jalan Baros dan Jalan Urip yang diberlakukan satu arah relatif kondusif. Kendaraan roda dua dan empat berjalan tanpa terjadi kepadatan yang terlalu signifikan.

"Titik-titik yang selama ini terjadi kemacetan, seperti depan sekolah jalan Baros dan Jalan Sudirman, bundaran wihelmina dan simpang jalan Urip-jalan Sudirman. Alhamdulillah dapat terurai dan lalu lintas walaupun padat tapi lebih lancar," ujar Kepala Bidang Lalu Lintas, Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Endang, Senin (1/4).

Ia mengungkapkan pada jam-jam puncak kepadatan kendaraan pada pukul 06.30 Wib dan 07.30 Wib arus lalu lintas tetap dapat mengalir. Ia mengatakan jalur satu arah dilakukan di jalan Baros setelah perlintasan kereta api. Mereka yang dari Jalan Gatot Subroto yang hendak ke jalan Dustira nanti tidak bisa langsung belok kanan tetapi harus mengikuti jalan Baros dan berbelok di bundaran Wihelmina untuk menuju ke jalan Dustira. Selain itu, kendaraan dari arah Pusdik Armed, Baros yang ingin ke jalan Dustira tidak bisa melewati jalan Baros langsung karena satu arah. Namun harus ke jalan Sudirman, kemudian melewati jalan Urip dan bertemu ke jalan Dustira.

Sedangkan dari arah Unjani, kendaraan yang hendak menuju tol tidak bisa langsung ke jalan Baros seperti yang sebelum-sebelumnya. Sebab sudah satu arah. Pengendara harus melalui jalan Urip, kemudian jalur Dustira ke kanan dan masuk ke jalan Baros.

"Ujicoba akan dilakukan kemudian melakukan evaluasi. Untuk warga yang menggunakan angkutan umum tidak akan terganggu namun hanya menambah rute sedikit," katanya.

Endang mengatakan, saat ini kemacetan sering terjadi di kawasan Dustira akibat terjadi crossing di Bundaran Wihelmina, Simpang Sudirman, Jalan Urip, Jalan Warung Contong arah Cibeber dan kawasan Segitiga Contong.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement