Jumat 29 Mar 2019 14:42 WIB

Warga Rembang Olah Kulit Ikan Pari Jadi Aneka Kerajinan

Nilai kerajinan dari kulit ikan pari tinggi.

Red: Nur Aini
Dompet kulit ikan pari
Foto: www.kulitpari.com
Dompet kulit ikan pari

REPUBLIKA.CO.ID, REMBANG -- Warga Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, berhasil mengolah kulit ikan pari yang selama ini kurang bernilai menjadi aneka kerajinan yang bernilai jual tinggi.

Perajin kulit ikan pari, Ardiansyah, mengatakan ide membuat aneka kerajinan menggunakan bahan kulit ikan pari dimulai sejak 2014. Sebelumnya, dia mengaku pernah melihat kerajinan yang terbuat dari bahan kulit ikan pari, dan daerahnya merupakan sentra hasil tangkapan ikan laut juga tersedia stok ikan pari cukup melimpah. "Akhirnya, saya terdorong membuat kerajinan menggunakan kulit ikan pari karena bahan baku tersedia melimpah," ujarnya di Rembang, Jumat (29/3).

Baca Juga

Dia mengatakan kulit ikan pari mulai dibutuhkan pasar, sehingga ada pengepul yang memang khusus menyediakan kulit ikan pari, sedangkan daging ikannya juga dijual kembali. Ikan pari sendiri terdiri beberapa jenis, mulai dari ikan pari batu halus, mondol, cingir, hingga pari duri yang harga jual kulitnya paling mahal.

Semua kulit ikan pari tersebut, bisa dibuat menjadi tas, dompet, gelang, ikat pinggang, hingga sepatu. Ia mengatakan harga jual aneka kerajinan yang menggunakan bahan kulit ikan pari bisa mencapai jutaan, sedangkan paling murah berupa gelang berukuran kecil dijual dengan harga Rp 60 ribu per buah, sedangkan dompet berkisar Rp 170 ribu hingga Rp 1 juta serta tas berukuran kecil bisa mencapai lebih dari Rp 750 ribu.

Aneka kerajinan dari kulit ikan pari tersebut, dijual melalui pameran yang diselenggarakan Pemkab Rembang atau ada kegiatan yang diikuti Pemkab Rembang dengan mengajak sejumlah pengrajin. Ada juga yang dijual melalui media sosial facebook maupun instagram, serta dijual secara konvensional ke pedagang yang ada di Kabupaten Rembang serta luar daerah.

"Peminatnya tidak hanya dalam bentuk produk jadi, melainkan banyak pula yang membeli kulit ikan pari yang sudah selesai proses dan pewarnaan," ujarnya.

Adapun harga jual kulit ikan pari yang sudah melalui proses penyamaan bisa mencapai ratusan ribu disesuaikan dengan jenis ikan parinya serta ukurannya.Mahalnya harga jual kulit ikan tersebut, karena proses penyamaannya membutuhkan perlakuan khusus dan membutuhkan waktu hingga 12 hari.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement