Ahad 24 Mar 2019 18:34 WIB

Diperebutkan Lima Jabatan Kepala Dinas Kabupaten Muba

Penilaian kompetensi untuk memetakan atau memotret potensi calon pejabat.

Rep: Maspril Aries/ Red: Agus Yulianto
Sebagian pejabat Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Pemkab Muba) yang mengikuti seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama untuk mengisi lima jabatan eselon II untuk lima posisi jabatan setingkat kepala dinas.
Foto: Foto: Humas Pemkab Muba
Sebagian pejabat Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Pemkab Muba) yang mengikuti seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama untuk mengisi lima jabatan eselon II untuk lima posisi jabatan setingkat kepala dinas.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Pemkab Muba) tengah menyelenggarakan seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi (JPT) pratama. Seleksi itu untuk mengisi lima jabatan eselon II setingkat kepala dinas pada Dinas PUPR, Dinas Kesehatan, Dinas PTSP, Dinas Perumahan dan Permukiman, dan Dinas Komunikasi dan Informasi.

Sebanyak 22 orang pejabat aparatur sipil negara (ASN) mengikuti seleksi yang dilaksanakan selama dua hari pada 24 – 25 Maret 20019. Pada hari pertama 22 orang calon kepala dinas tersebut mengikuti tes penulisan makalah atau karya tulis dan wawancara. 

Seleksi dilaksanakan panitia seleksi yang dipimpin Zainuddin Nawawi yang menjabat Wakil Rektor I Universitas Sriwijaya (Unsri) Alfitri (guru besar Fisip Unsri), Muzakir, Yusri Effendi (mantan Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan) dan Apriyadi (Sekretaris Daerah Pemkab Muba).

“Seleksi JPT Pratama Pemkab Muba diikuti 22 peserta. Pada hari ini peserta harus membuat makalah atau karya tulis yang kemudian dilanjutkan tes wawancara oleh panitia seleksi,” Sekretaris Daerah Pemkab Muba, Apriyadi, Ahad (24/3).

 

Apriyadi menjelaskan, tes pembuatan makalah dan wawancara merupakan rangkaian akhir dari pelaksanaan tes seleksi JPT Pratama, kemudian lakukan rapat akhir penetapan setelah dikeluarkan hasil nilai assesment pada 1-2 April nanti.  “Dari rapat akhir, untuk masing-masing dinas akan mengerucut pada tiga nama peserta,” ujarnya. 

Ketua panitia seleksi Zainuddin Nawawi mengatakan, tim panitia seleksi akan melakukan penilaian dari hasil karya tulis dan tes wawancara. ”Semuanya akan dinilai, baik dari sisi kesiapan dan kompetensi yang dimiliki,” katanya.

Sementara menurut Kepala BKSDM Kabupaten Muba Sunaryo, tujuan dilaksanakan kegiatan penilaian kompetensi yakni untuk memetakan atau memotret potensi dan kompetensi para calon pejabat pimpinan tinggi pratama di Muba.

Selain di Pemkab Muba, seleksi yang sama juga berlangsung di Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang untuk mengisi jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang. Setelah dilakukan tes oleh panitia seleksi yang dipimpin Sekda Pemerintah Provinsi Sumsel Nasrun Umar, telah ditetapkan tiga nama pejabat yang lolos kepada pejabat pembina kepegawaian Kota Palembang, untuk dipilih salah satunya dan ditetapkan serta dilantik sebagai pejabat JPT Sekretaris Daerah Kota Palembang. 

Tiga nama yang dinyatakan lolos seleksi adalah Ratu Dewa (Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia/ BK-PSDM), Dewi Isnaini (Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana/DPPKB) dan Muhammad Yanuarpan Yany (Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika/ Diskominfo). 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement