Ahad 24 Mar 2019 03:16 WIB

Menpora Minta Liga 1 Gunakan VAR

Ajang Liga Amatir di Bandung dan Piala Menpora sjudah menggunakan teknologi VAR.

Ilustrasi penggunaan sistem VAR.
Foto: EPA-EFE/SIMONE VENEZIA
Ilustrasi penggunaan sistem VAR.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengatakan, liga profesional atau Liga 1 Indonesia harus menerapkan penggunaan video assistant referee (VAR). Ini agar tidak ada lagi kecurangan, protes, dan juga kecurigaan kepada wasit.

"Mengenai VAR saya kira itu hal yang wajib untuk diterapkan, bukan lagi dianjurkan apalagi di liga profesional," kata Imam Nahrawi, Sabtu (23/3).

Dengan menggunakan VAR, kata Imam, nanti tidak ada lagi tim yang mengaku dicurangi oleh wasit karena memang teknologi itu sangat membantu kinerja pengadil lapangan. "Saya melihat secara langsung bahwa VAR itu membantu bagi wasit menegakkan disiplin di lapangan tanpa kontroversi, protes, kecurigaan, dan kegaduhan," ujarnya.

Menurut Imam, liga amatir di Bandung saja sudah menggunakan VAR. Sehingga diharapkan liga profesional juga menerapkannya pada musim ini.

Selain itu, lanjut Imam, untuk Piala Menpora berjenjang juga sudah mengadopsi teknologi yang saat ini memang seharusnya dibutuhkan oleh kompetisi Indonesia, mengingat masih ada kekisruhan karena ketidakpuasan kepada wasit. "Di liga amatir Bandung Premier League itu menggunakan VAR, Piala Menpora berjenjang juga menggunakam VAR. Sehingga VAR itu sangat membantu," jelasnya.

Untuk itu, Imam mengharapkan dan mewajibkan pada Liga 1 nanti sudah menerapkan teknologi itu karena sudah menjadi bagian penting dalam kompetisi sepak bola. "Saya sangat menginginkan nanti sebelum kick-off Liga 1 VAR sudah diterapkan karena menjadi bagian terpenting," tegasnya.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement