Sabtu 16 Mar 2019 21:57 WIB

Solusi Pengangguran, Sandiaga Tawarkan Rumah Siap Kerja

Rumah siap kerja akan dilengkapi dengan sejumlah fasiltas program.

Rep: Umi Soliha/ Red: Nashih Nashrullah
Cawapres no urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno.
Foto: Abdan Syakura
Cawapres no urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno, memperkenalkan konsep Rumah Siap Kerja untuk tanggulangi tingkat pengangguran di Indonesia terutama di kalangan kaum muda. 

Rumah Siap Kerja merupakan sarana penghubung antara pencari kerja dan penyedia tenaga kerja, pencari keterampilan baru, berwirausaha serta menyalurkan bakat dan minat secara kreatif dan inovatif. 

Baca Juga

Dia mengatakan, Indonesia memiliki kurang lebih 7–8 Juta pengangguran, dimana sebagian besarnya adalah anak-anak muda di usia produktif. Indonesia memiliki bonus demografi yang amat berpotensi positif di masa yang akan datang. 

“Jika masalah pengangguran ini tidak ditanggulangi dengan strategi dan program yang baik dan terintegrasi, kita akan memiliki masalah besar di kemudian hari,” Ujar Sandiaga dalam kesempatan perkenalan konsep Rumah Siap Kerja di daerah Kebayoran Jakarta Selatan, Sabtu (16/3).

Pada kesempatan tersebut,  Sandiaga Uno memperkenalkan beberapa fasilitas Rumah Siap Kerja. Seperti, fasilitas pencarian lapangan kerja yang  akan dihubungkan dengan situs–situs pemerintah dan swasta.

Pelatihan yang mengikuti perkembangan zaman sesuai dengan minta dan keadaan pasar saat ini, misalnya barista kopi, desain grafis, kreator konten media sosial yang positif, makanan ringan dan packaging.

Sandiaga menambahkan, Rumah Siap Kerja akan membangun jaringan antara anak-anak muda untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman serta memberikan jaringan dan akses terhadap beasiswa-beasiswa nasional dan internasional.

Sandi menambahkan, ekonomi yang adil makmur sesuai konsep Prabowo-Sandi adalah Ekonomi yang membuka seluas-luasnya kesempatan bagi warga negara Indonesia termasuk kaum perempuan dan difable.  

Dia mengatakan, kehadiran mereka  untuk membantu mereka dengan memberikan fasilitas tentunya motivasi untuk tidak kalah bersaing. 

Dia menambahkan bahwa Prabowo Sandi ingin representasi kaum difable dalam dunia kerja semakin banyak dan mereka semakin berdaya. 

Dia juga menyampaikan, akan menambah penciptaan lapangan kerja dan untuk kaum perempuan, sehingga mereka mempunyai  tempat yang nyaman dan akses yang musah. 

Menurutnya, angkatan kerja perempuan sangat potensial bagi pemberdayaan ekonomi Indonesia.  

“Kami hadir untuk mereka yang tidak mimiliki kesempatan, akses dan terpinggirkan, Prabowo Sandi, Insya Allah akan terus berjuang untuk mereka,”ujarnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement