Senin 04 Mar 2019 20:28 WIB

Lulusan UBSI Harus Jadi SDM Kreatif di Era Revolusi 4.0

Orang yang berpikir kreatif akan melahirkan inovasi-inovasi baru.

Dr Ir Hj Illah Sailah MS memberikan semangat kepada lulusan untuk menjadi SDM yang kreatif.
Foto: Dok UBSI
Dr Ir Hj Illah Sailah MS memberikan semangat kepada lulusan untuk menjadi SDM yang kreatif.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Untuk dapat terus bertahan dan berkembang di era revolusi industri 4.0, lulusan Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Jakarta harus menjadi sumber daya manusia (SDM) kreatif. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Dr Ir Hj  Illah Sailah MS selaku koordinator Kopertis  Wilayah III saat memberikan sambutan di acara wisuda UBSI ke-51.

Acara itu diadakan di BSI Convention Center, Jalan Raya Kaliabang nomor 8, Perwira, Bekasi Utara, Bekasi, Jawa Barat,  Sabtu (2/3). Illah Sailah  menjadi tamu kehormatan di acara tersebut.

“Menjadi SDM yang kreatif akan sangat bermanfaat di era ini, karena jika seseorang sudah berpikir kreatif makan akan terciptalah inovasi-inovasi baru darinya. Dan inovasi menjadi hal terpenting di era revolusi industri 4.0 di mana inovasi baru akan menghasilkan sesuatu yang baru dan pastilah harus yang bermanfaat pula bagi kehidupan. Tak kalah pentingnya, SDM saat ini haruslah selalu berpikir extra ordinary,” kata Illah dalam rilis UBSI yang diterima Republika.co.id, Ahad (3/3).

Pada kesempatan yang sama,  Illah menjelaskan mengenai Sistem Informasi Verifikasi Ijasah Online (SIVIL). Dengan adanya SIVIL ini nantinya mahasiswa yang telah lulus dapat mendapatkan legalisir ijazah tanpa harus datang ke kampus.

“Saya juga megingatkan untuk seluruh wisudawan dan wisudawati untuk mengecek status dan data dirinya di Pangkalan Data Dikti (PDDIKTI) yang dapat diakses melalui website resmi forlap ristekdikti agar SIVIL dapat terverifikasi dengan baik pul,” tambah Illah.

Illah mengajak UBSI untuk terus meningkatkan mutu akademik. Salah satu caranya adalah memperbanyak paper-paper karya dosen maupun mahasiswa yang terbit di junal terakreditasi nasional atau bereputasi internasional.

Ia juta mengucapkan rasa bangga dan bahagia bisa menjadi bagian dari acara wisuda UBSI ke-51 ini. Ia sudah sering menghadiri prosesi wisuda di UBSI,  tapi tidak pernah mengurangi rasa bangga dan bahagianya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada rektor UBSI yang telah mengundang saya ke acara wisuda ke-51 dan dies natalis ke-31 tahun ini. Saya  mengucapkan selamat atas keberhasilan UBSI  sampai hari ini. UBSI telah memberikan kontribusi baik terhadap masyarakat dan bangsa Indonesia. Serta saya ucapkan selamat dan sukses untuk para wisudawan dan wisudawati yang hari ini sudah diwisuda” tutup Illah.

Acara wisuda UBSI yang ke-51 juga dihadiri oleh Guru Besar Ilmu Komputer Universitas Sumatera Utara,  yakni Prof Dr Muhammad Zarlis MSc. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement