REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON – Pemkot Cirebon menetapkan The Gate of Secret sebagai tagline city branding untuk pariwisata mereka. Kota Cirebon selama ini memiliki budaya, kesenian hingga kuliner dengan makna filosofi yang mendalam selama ratusan tahun.
Peluncuran tagline city branding The Gate of Secret itu rencananya akan dilakukan oleh Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis, dalam acara Cirebon X-pose 2019 dan Cirebon Creative Fashion Carnival. Acara itu akan diselenggarakan di depan Gedung BAT, Jalan Pasuketan, Kota Cirebon, Sabtu (2/3) hingga Ahad (3/3).
‘’Untuk mendukung pariwisata di Kota Cirebon, memang dibutuhkan branding yang kuat,’’ kata Azis, Jumat (1/3).
Penetapan tagline city branding itu juga tercantum pada Surat Keputusan (SK) Wali Kota Cirebon No 430/Kep.-DKOKP/2019 tentang Penetapan Branding di Kota Cirebon. Dipilihnya tagline itupun memiliki alasan tersendiri.
‘’Segala sesuatu yang ada di Kota Cirebon, mulai dari kesenian, budaya, adat istiadat hingga relief-relief dan bangunannya, memiliki makna filosofis yang sangat dalam,’’ terang Azis.
Makna-makna filosofis itu menggambarkan arti perjalanan dalam kehidupan manusia di dunia dan sudah tertanam dalam kehidupan warga Kota Cirebon selama ratusan tahun. Berkat makna filosofis yang dalam itulah, maka situasi Kota Cirebon hingga kini tetap aman dan tenteram. Perbedaan suku, etnis dan agama tidak pernah menjadi masalah.
Azis menambahkan, kegiatan Cirebon X-pose 2019 itu juga dimaksudkan untuk mengakselerasi pengembangan Kota Cirebon sebagai salah satu destinasi wisata budaya unggulan di Jawa Barat. Selain itu, juga dimaksudkan untuk mempromosikan produk-produk yang dimiliki oleh Kota Cirebon.
Sementara itu, Ketua Panitia Cirebon X-pose 2019 dan Cirebon Creative Fashion Carnival, Iing Daiman, menerangkan, acara itu terdiri dari penyelenggaraan Cirebon Travel Mart, launching Cirebon Tourism On Bus (Citros) dan Cirebon Expose.
Pada Sabtu (2/3), akan ditampilkan kesenian berupa angklung, topeng, kuda lumping, debus, sintren, brai, tarling, tari tangan seribu, fashion show, drama musikal, palagan galuh. Adapula launching Ciko Smart dan branding Kota Cirebon.
Sedangkan pada Ahad (3/3), akan ditampilkan barongsai, Cirebon Creative Fashion Carnival yang diiringi angklung PWY dan gardu musik. Tak ketinggalan, akan ditampilkan pula 29 stand yang berisi produk-produk unggulan UMKM Kota Cirebon, bazaar, BUMN dan instansi vertikal lainnya di Kota Cirebon.
‘’Terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan dan bantuan demi terselenggaranya acara tersebut,’’ tandas Iing.