Selasa 26 Feb 2019 05:27 WIB

HPSN Tangsel Ajak Warga Selamatkan Bumi dari Plastik

HPSN di Tangsel mengangkat tema 'Selamatkan Bumi Dari Plastik'

Rep: mgrol118/ Red: Andi Nur Aminah
Pelaksanaan Hari Peduli Sampah Nasional 2019 yang berlangsung di Jaletreng Riverpark, Serpong, Tanggerang Selatan.
Foto: mgrol118
Pelaksanaan Hari Peduli Sampah Nasional 2019 yang berlangsung di Jaletreng Riverpark, Serpong, Tanggerang Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, SERPONG -- Pelaksanaan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh pada 21 Februari 2019, banyak dilakukan di berbagai daerah. Salah satunya di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang memeringati momen ini pada Ahad (24/2) kemarin.

HPSN di Tangsel mengangkat tema 'Selamatkan Bumi Dari Plastik'. Acara yang diselenggarakan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tangsel tersebut bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap sampah.    

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tanggerang Selatan, Toto Sudarto, menyampaikan tujuan dari pelaksanaan kegiatan di HPSN 2019 yakni untuk meningkatkan kepedulian serta tanggung jawab dalam pengelolaan sampah dengan berwawasan lingkungan yang tepat guna dan bermanfaat secara ekonomi. Menurutnya, kegiatan itu dapat  mewujudkan suatu sistem pengelolaan sampah yang baik dan benar melalui konsep 3R (Reduce, Reuse, Recycle).

Toto mengatakan, rangkaian kegiatan tersebut sudah dilakukan beberapa hari sebelumnnya. “Rangkaian kegiatan ini sudah dilakukan jauh-jauh hari. Dimulai dengan kegiatan di bank sampah kemudian acara di masing-masing kecamatan, dan juga pemberian sedekah dari bank sampah,” ujar Toto kepada Wali kota Tanggerang Selatan Airin Rachmi Diany yang hadir dalam acara tersebut.

Acara yang berlangsung di lokasi Jaletreng Riverpark, Serpong, Tanggerang Selatan tersebut dimeriahkan dengan berbagai macam kegiatan. Di antaranya, kegiatan sedekah sampah dari bank sampah se Tangsel yang totalnya jika diuangkan mencapai Rp 35.000.158. “Dana tersebut akan didonasikan ke saudara-saudara kita yang mendapat musibah di Banten,” ucap Toto.

Kegiatan ini juga diramaikan dengan loka karya rumah minim sampah, lomba pidato lingkungan yang diikuti 145 peserta dari tingkat SD hingga SMA, talk show dan dialog ineraktif rumah minim sampah, serta pameran bazaar produk ramah lingkungan.

Sesuai dengan tema acara tersebut, Toto menegaskan, kelompok masyarakat dan pengelola sampah agar turut aktif menggunakan kegiatan pengurangan sampah plastik. “Karena sampah plastik itu enggak asik,” ucap Toto yang mengutip kalimat dari jargon acara tersebut.

Dalam pembukaan acara itu, Toto berpesan kepada warga agar mulai hari ini warga Kota Tanggerang Selatan bisa memilah sampah mulai dari rumah.

Sementara itu, Airin menyampaikan alasan Pemkot Tanggerang Selatan memperingati HPNS karena mengingati lagi tujuan dari Kota Tangerang Selatan yang ingin mengurangi sampah. Airin pun berpesan, untuk bangkitkan lagi TPS 3R yang belum maksimal sehingga dapat mengurangi sampah masuk ke TPA Cipecang.

Tidak lupa dia mengucapkan terima kasih kepada warga yang telah membantu Pemkot Tanggerang Selatan untuk mengurangi penggunaan sampah. “Selama Hari Peduli Sampah Nasional 2019, mudah-mudahan sampah tuntas, serta bisa diselesaikan dengan kolaborasi kita semua. Terima kasih usaha atas kebaikan dan usaha bapak ibu yang telah membantu kami,” ujarnya.

HPNS yang berlangsung dari pagi hingga siang hari tersebut juga dihadiri Kapolres Tangerang Selatan, Dandim 0506 Tanggerang Selatan, Perwakilan Indah Kiat Bank Jabar, Bank BNI, Sinarmas Land, Pengadaian dan Universitas Prasetya Mulya. Hadir pula camat se-Tanggerang Selatan, dan Pegiat Bank Sampah se-Tanggerang Selatan. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement