Kamis 21 Feb 2019 17:54 WIB

Emil: Perlu Kerja Sama Bencana dan Perdagangan Antarprovinsi

Kerja sama kebencanaan intensitasnya lumayan tinggi

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Esthi Maharani
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Foto: Republika/Edi Yusuf
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menghadiri pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) Tahun 2019 yang digelar di Padang Convention Center, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, Rabu malam (20/2). Ridwan Kamil menilai, ada berbagai hal yang bisa dikerjasamakan antar-pemerintah provinsi di Indonesia. Misalnya kerja sama kebencanaan dan perdagangan komoditas pangan.

"Kerja sama kebencanaan yang memang terlihat semakin ke sini intensitasnya lumayan tinggi, bahkan di Jawa Barat sendiri tercatat lebih dari 1.500-an per tahun," ujar Ridwam Kamil yang akrab disapa Emil, Kamis (21/2).

Baca Juga

Oleh karena itu, menurut Emil, sedang diupayakan ada mekanisme agar pemerintah provinsi bisa saling tolong-menolong. "Karena bagaimana pun kondisi geografis dan geologis di Indonesia ini mirip-mirip," katanya.

Terkait kerja sama perdagangan antardaerah, Emil mengatakan, Jawa Barat sudah memulai insiatif tersebut melalui digitalisasi perdagangan. Hal ini penting dilakukan karena bisa berdampak pada ketersediaan pasokan dan stabilitas harga pangan.

"Itulah kenapa kita sudah memulai dengan inisiatif dengan dunia digital juga. Misalkan Jawa Barat kekurangan sapi, kekurangan telur, atau apa kita bisa menemui pedagang yang dikoordinasikan oleh para gubernurnya," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement