Rabu 20 Feb 2019 19:27 WIB

Pemerintah akan Bangun Seribu BLK Komunitas untuk Pesantren

BLK untuk meningkatkan skil santri dan warga sekitar pesantren.

Menaker  Hanif Dakhiri , saat menemui ratusan pengusaha Paguyuban Ritel Tradisional di Bekasi, Jawa Barat pada Kamis (14/2).
Foto: dok. kemnaker
Menaker Hanif Dakhiri , saat menemui ratusan pengusaha Paguyuban Ritel Tradisional di Bekasi, Jawa Barat pada Kamis (14/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah akan membangun seribu Balai Latihan Kerja (BLK) untuk pesantren lengkap dengan gedung dan peralatannya tahun. Rencana tersebut guna menyiapkan sumber daya manusia dalam menghadapi persaingan global.

Menteri Tenaga Kerja Hanif Dakhiri mengatakan pendirian BLK ini sebagai salah satu upaya untuk mengurangi kemiskinan. Meskipun jumlah orang miskin terus menun, menurut dia perlu ada upaya untuk terus menekan jumlah orang miskin. Kemiskinan, kata dia disebabkan karena adanya ketimpangan skil dan pendidikan.

 "Orang miskin karena pendapatannya rendah, orang pendapatannya rendah karen pekerjaannya tidak berkualitas. Orang pekerjaannya tidak berkualitas karena pendidikan dan ketrampilannya terbatas," ujar dia.

Menurut dia, peningkatan skil bagi santri dan masyarakat sekitar adalah salah satu kunci untuk meningkatkan kualitas SDM. Jumlah BLK yang dibanggun tahun 2019 ini meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Pada 2017, pemerintah membangun 50 BLK komunitas. Sedangkan pada 2018 dibangun 75 BLK komunitas.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement