Selasa 19 Feb 2019 12:46 WIB

Sejumlah Halte Transjakarta Terintegrasi dengan Stasiun MRT

Transjakarta akan membuka enam rute baru.

Rep: Mimi Kartika/ Red: Ani Nursalikah
  Pekerja menyelesaikan pembangunan Halte TransJakarta Bundaran Senayan yang baru di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat. (Republika/Yasin Habibi)
Pekerja menyelesaikan pembangunan Halte TransJakarta Bundaran Senayan yang baru di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat. (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) akan mengintegrasikan sejumlah halte dengan stasiun Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta. Hakte yang terintegrasi itu, diantaranya Halte Bundaran Hotel Indonesia (HI)-Stasiun Bundaran HI, Halte Tosari-Stasiun Dukuh Atas, Halte CSW-Stasiun Sisingamangaraja, dan Halte Lebak Bulus-Stasiun Lebak Bulus.

"Kemudian merancang bagaimana integrasi antarmoda dan dalam waktu dekat ini yang saya pahami akan dilakukan eksekusi pembangunan," ujar Direktur Utama PT Transjakarta Agung Wicaksono di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (18/2).

Baca Juga

Integrasi fisik di Halte Centrale Stiching Wederopbouw (CSW)-Stasiun Sisingamangaraja, PT Transjakarta tengah menggelar sayembara desain kawasan tersebut. Direktur Teknik dan Fasilitas PT Transjakarta Wijanarko mengatakan, hal itu dilakukan karena terdapat beberapa kantor pusat seperti Kejaksaan Agung, PLN, dan Sekretariat ASEAN.

Menurutnya, PT MRT mulai membangun fondasi jembatan penghubung (skywalk) Halte CSW dan Stasiun Sisingamangaraja. Wijanarko menyebut, pembangunan skywalk ditargetkan rampung Juni 2019.

"Bentuk (kawasan) seperti apa, kami sayembarakan karena di samping kiri itu ada Kejagung, samping kanan PLN. Ini yang harus kami jaga supaya mereka tidak tertutup," kata dia.

photo
Petugas melakukan pengecekan kereta Mass Rapid Transit (MRT) di Stasiun Lebak Bulus, Jakarta.

Agung juga mengatakan, akan membuka enam rute baru, bertepatan dengan dimulainya uji coba untuk publik MRT Jakarta fase 1 rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia pada Maret mendatang. Enam rute itu akan melayani penumpang ke Stasiun MRT Lebak Bulus dan Stasiun MRT Fatmawati.

Ia merinci enam rute yang akan dibuka antara lain Pondok Cabe-Stasiun Lebak Bulus, Cinere-Stasiun Lebak Bulus, Jatijajar-Stasiun Lebak Bulus, Jatijajar-Stasiun Fatmawati, BSD-Stasiun Fatmawati, dan Bintaro-Stasiun Fatmawati. Agung mengatakan, pembukaan enam rute yang ada di luar Jakarta dari hasil kajian bersama PT MRT.

"Kenapa banyak berada di kawasan dari luar DKI? Karena realitanya memang komuter itu lebih banyak tinggal di kawasan luar DKI," kata Agung.

Ia menambahkan, PT Transjakarta masih mengurus izin operasi dari Dinas Perhubungan (Dishub) setempat. Dishub Kota Tangerang Selatan untuk rute Pondok Cabe, BSD, dan Bintaro serta Dishub Kota Depok untuk rute Cinere dan Jatijajar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement