Senin 18 Feb 2019 18:07 WIB

Tugas Bersama Membahagiakan Pejuang Kanker

Ada tugas penting mengembalikan kebahagiaan kembali kepada anak-anak itu.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq
Konferensi pers Intimate Concert di Hotel Tentrem Yogyakarta.
Foto: Wahyu Suryana.
Konferensi pers Intimate Concert di Hotel Tentrem Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Special Concert for Child Cancer Treatment in Indonesia digelar di Yogyakarta. Setelah sukses di Batu, konser kembali digelar demi meningkatkan kesadaran masyarakat tentang tugas bersama membahagiakan pejuang kanker.

Pembina Yayasan Pita Kuning, Pandji Pragiwaksono, mengaku sulit membayangkan rasanya menjadi orang tua yang anaknya merupakan pejuang kanker. Sulit pula membayangkan menjadi sang anak yang harus berjuang melawan kanker.

Kadang, belum sampai bicara kanker, saat anak sakit saja orang tua kerap marah ke diri sendiri. Mulai dari merasa tidak cukup jadi orang tua yang baik, merasa cemas, apalagi anak-anak harus dirawat atau diopname.

"Bayangkan kalau ternyata penyakitnya adalah kanker," kata Pandji, sembari menerangkan leukimia jadi kanker yang paling tinggi menyerang anak, disusul kanker saraf dan mata.

Ia turut mengingatkan, ketika seorang anak terkena kanker, yang terdampak tidak cuma anak itu melainkan seluruh keluarganya. Belum lagi, jika sang pejuang itu berasal dari keluarga tidak mampu.

Pandji menuturkan, di Indonesia ada banyak orang tua yang anaknya pejuang kanker itu tidak punya pekerjaan. Karenanya, ia menekankan, ada tugas penting mengembalikan kebahagiaan kembali kepada anak-anak tersebut.

"Karena, orang tua yang stress akan berdampak kepada rumahnya, berdampak kepada anaknya juga, secara medis dibuktikan dalam kondisi bahagia, kemungkinan sembuh lebih besar," ujar Pandji

Untuk itu, ia mengingatkan, merupakan tugas bersama seluruh masyarakat dalam mengembalikan kebahagiaan anak-anak tersebut. Terlebih, saat menjadi pasien, banyak yang lupa kalau mereka tetaplah anak-anak.

Artinya, lanjut Pandji, harus diperjuangkan hak-hak mereka sebagai anak-anak seperti hak bermain dan hak belajar. Ia berpendapat, semangat itulah yang diusung dalam Intimate Concert tersebut.

"Perjuangan kami adalah agar mereka bisa terus bahagia, dan kami percaya masing-masing orang punya peran mewujudkan itu," kata Pandji.

Konser sendiri diinisiasi Esa Kreasi Promosindo, didukung Yayasan Pita Kuning dan diselenggarakan di Hotel Tentrem Yogyakarta, Jumat (15/2) malam. Konser dimeriahkan Ari Lasso, Once Mekel, dan Kikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement