Rabu 13 Feb 2019 13:13 WIB

Pemkot Ternate Diminta Usulkan Gamalama Jadi Geo Park

Gunung Gamalama dianggap memenuhi kriteria karena memiliki berbagai kekhasan alam.

  Pemandangan Gunung Gamalama terlihat dari kawasan objek wisata Danau Tolire Besar di Ternate, Maluku Utara, Ahad (28/12).  (Antara/Widodo S. Jusuf)
Pemandangan Gunung Gamalama terlihat dari kawasan objek wisata Danau Tolire Besar di Ternate, Maluku Utara, Ahad (28/12). (Antara/Widodo S. Jusuf)

REPUBLIKA.CO.ID, TERNATE -- Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara diminta mengusulkan Gunung Gamalama menjadi geo park atau tanaman bumi nasional guna lebih menarik minat wisatawan berkunjung ke gunung api itu. "Gunung Gamalama memenuhi kriteria untuk menjadi geo park nasional, terutama dari segi keberadaan berbagai kekhasan alam di gunung itu," kata salah seorang pemerhati pariwisata di Maluku Utara, Jamaludin di Ternate, Maluku Utara, Rabu (13/2).

Kekhasan alam di Gunung Gamalama di antaranya keberadaan Danau Tolire di lereng gunung yang terbentuk dari letusan bagian Gunung Gamalama pada massa lampau. Danau tersebut memiliki berbagai keunikan di dalamnya.

Menurut dia, Danau Tolire itu memiliki daya tarik tersendiri. Selain bentuknya yang unik, juga di dalamnya hidup buaya putih. Untuk menyaksikan buaya putih ini, harus melalui proses ritual adat.

Bagi masyarakat Ternate, Danau Tolire itu memiliki cerita tersendiri yakni bekas kampung yang ditenggelamkan Sang Pencipta sebagai hukuman atas adanya warga yang menghamili anak kandungnya. Kekhasan alam lain di gunung api setinggi 1.700 meter dari permukaan laut itu, menurut Jamaludin, adalah keberadaan bekas lelehan lava ketika meletus pada abad ke-17 silam. Lelehan lava yang kini membentuk batuan hitam itu tersebar hingga ke bibir pantai dan membentuk tebing yang indah.

Lelehan lava yang dikenal dengan nama batu angus itu, kini menjadi salah satu objek wisata andalan di Kota Ternate. Bahkan ada anggapan bahwa siapa pun yang berkunjung di Ternate dan tidak menginjakan kaki di kawasan batu angus dianggap belum berkunjung ke daerah ini.

Ia menambahkan keberadaan Cengkih Afo di lereng Gunung Gamalama juga menjadi kekhasan alam tersendiri. Karena Cengkih Afo dengan usia di atas 400 tahun merupakan cengkih tertua di dunia. Selain itu, kawasan di lereng Gunung Gamalama yang menjadi habitat berbagai flora dan fauna khas Ternate, seperti Burung Kasturi Ternate semakin menguatkan gunung itu untuk dijadikan geo park nasional.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement