Sabtu 09 Feb 2019 00:28 WIB

Banjir Rendam Rumah dan Balai Desa di Kuningan

Banjir juga merendam berbagai sarana dan prasarana umum di desa tersebut.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Andi Nur Aminah
Banjir Kuningan
Foto: dok.istimewa
Banjir Kuningan

REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN -- Hujan dengan intensitas lebat telah menimbulkan banjir di Dusun Pahing, Desa Babatan, Kecamatan Kadugede, Kabupaten Kuningan, Jumat (8/2). Banjir terjadi sekitar pukul 17.30 WIB. Tak hanya merendam rumah warga, banjir juga merendam berbagai sarana dan prasarana umum di desa tersebut.

Berdasarkan laporan Kaji Cepat Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, banjir terjadi akibat hujan lebat mulai pukul 15.00 WIB hingga 21.00 WIB. Banjir itu merendam satu unit gedung balai desa setempat, satu unit gedung serba guna, satu unit gedung posyandu, satu unit gedung poskesdes, satu unit gedung BPD, akses jalan desa maupun rumah warga. "Jumlah rumah warga yang terendam masih dalam pendataan," ujar Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kuningan, Agus Mauludin.

Hingga pukul 19.30 WIB, banjir masih menggenang di sejumlah titik lokasi dengan ketinggian bervariasi. Bahkan ada yang mencapai sekitar 50 cm hingga 100 cm.

Upaya pembersihan lingkungan yang dilakukan warga bersama aparat desa, BPBD, TNI dan Polri pun sementara dihentikan karena hujan turun kembali dengan intensitas sedang. Untuk penanganan lanjutan dampak banjir tersebut, rencananya akan dilakukan pada Sabtu (9/2). 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement