Kamis 07 Feb 2019 20:45 WIB

Disambut Hangat di Sumbar, Kiai Maruf Makin Optimis Menang

Kiai Maruf hanya ingin unggul suara dibandingkan Prabowo-Sandi di Sumbar

Rep: Muhyiddin/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Calon Wakil Presiden nomor urut 01, KH. Ma'ruf Amin saat  silaturrahim dan makan siang bersama masyarakat minang yang mendukung  pasangan nomor urut 01, Jokowi-KH.Ma'ruf Amin di Rumah Makan Sederhana,  Jalan KH. Agus Salim, Jakarta Pusat, Rabu (6/2).
Foto: Republika/Muhyiddin
Calon Wakil Presiden nomor urut 01, KH. Ma'ruf Amin saat silaturrahim dan makan siang bersama masyarakat minang yang mendukung pasangan nomor urut 01, Jokowi-KH.Ma'ruf Amin di Rumah Makan Sederhana, Jalan KH. Agus Salim, Jakarta Pusat, Rabu (6/2).

REPUBLIKA.CO.ID, PAYAKUMBUH -- Calon wakil presiden nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin mendapat sambutan hangat dari ribuan jamaah tarekat dalam acara Tabligh Akbar di Payakumbuh, Sumatera Barat, Kamis (7/2). Karena itu, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini semakin optimis untuk memenangkan suara di Ranah Minang.

Tablig Akbar itu dihadiri ribuan warga, terutama dari kelompok jamaah tarekat Naqsyabandiyah dan tarekat Sammaniyah. Serta, majelis taklim dan kelompok yasinan se-Kota Payakumbuh.

Baca Juga

Kiai Ma'ruf mengatakan, kedatangannya ke Sumbar adalah untuk bersilaturahmi, bertemu dengan umat, ulama, dan jamaah tarekat. "Alhamdulillah disambut luar biasa. Mudah-mudahan ini pertanda dukungan pada Pak Jokowi dan saya semakin besar di Sumbar," ujar Kiai Ma'ruf usai menghadiri Tablig Akbar di Kota Payakumbuh, Sumbar, Kamis (7/2).

Kiai Ma'ruf optimis menang di Sumbar lantaran sambutan hangat tidak sekadar datang dari masyarakat, tapi juga dari tokoh-tokoh Minang. "Kemarin, saya juga bertemu tokoh perantau (Minang) di Jakarta. Mereka juga penuh menyokong kami (pasangan 01). Makanya, optimismenya besar," ucap Kiai Ma'ruf.

Kendati demikian, Kiai Ma'ruf mengaku tidak ingin muluk-muluk untuk memenangkan suara di Ranah Minang pada Pilpres 2019. Yang terpenting, kata dia, pihaknya bisa unggul suara dari pasangan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

"Ya, tidak muluk-muluk lah, yang penting memenangkan Pilpres di Sumbar," kata Kiai Ma'ruf 

Terkait beredarnya hoaks yang kerap menyasar pasangan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo, Kiai Ma'ruf ingin menangkisnya dengan memberikan edukasi dan akan menegaskan bahwa informasi itu tidak benar alias hoaks.

"Kita berikan edukasi (soal hoaks). Bukti-buktinya yang disampaikan tidak sesuai, jadi hoaks itu. Setelah kita berikan, banyak ulama kiai, setelah menyadari kalau itu memang hoaks," jelasnya.

Sementara, Ketua Tarekat Naqsabandiyah Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota, Riswandi Dt Siri Marjo mendukung penuh Kiai Ma'ruf agar terpilih menjadi Wakil Presiden. Di Sumbar, dia pun yakin Kiai Ma'ruf akan mampu menggenjot suara Jokowi yang kalah telak oleh Prabowo pada Pilpres 2014 silam.

"Kami dan jamaah mendukung Pak Kiai karena seorang ulama dan bisa memajukan Islam," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement