Senin 04 Feb 2019 20:04 WIB

Rute Baru Transjakarta Dijalankan Jelang MRT Beroperasi

Rute tersebut menyesuaikan menuju stasiun MRT.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Friska Yolanda
Jurnalis mengabadikan suasana perjalanan kereta Mass Rapid Transit (MRT) saat uji coba di Jakarta, Rabu (30/1/2019).
Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Jurnalis mengabadikan suasana perjalanan kereta Mass Rapid Transit (MRT) saat uji coba di Jakarta, Rabu (30/1/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Direktur Utama PT Transjakarta Agung Wicaksono membenarkan adanya penambahan rute baru di DKI Jakarta yang nantinya akan dijalankan menjelang pengoperasian kereta moda raya terpadu (MRT). Rute-rute itu dilakukan penyesuaian menuju stasiun MRT.

“Ya jadi rute-rute Transjakarta baru penyesuaian menuju stasiun MRT. Masuk ke (stasiun MRT) Lebak Bulus, masuk ke Fatmawati. Blok M-Pondok Labu nanti bisa melewati stasiun MRT,” kata Agung di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (2/4).

Mengenai bus pengumpan untuk MRT, pihaknya menyebut akan mengusahakan seoptimal mungkin penyediaannya. Sebab, untuk menyediakan bus pengumpan untuk MRT harus ada kajian yang lebih jauh. 

Kajian itu meliputi jumlah penumpang sesuai dengan kebutuhan penumpang yang ada. “Ada yang sudah real banget penumpang lebih banyak. Cinere Bintaro BSD, pemprov mendukung untuk buka,” kata Agung.

Nantinya, penumpang harus turun terlebih dahulu dari Transjakarta. Oleh sebab itu, dia menginginkan ketika MRT telah beroperasi, rute pun juga telah siap.

Perihal integrasi kartu Jak lingko, Agung mengatakan MRT masih melakukan proof of concept dari kartu bank yang bisa dipakai ke MRT. "(Tanggal) 8 Februari ini akan diuji kalau bisa dipakai di MRT. Maret saat beroperasi bisa digunakan penumpang MRT," jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement