Senin 04 Feb 2019 01:16 WIB

Sembilan Kepala Daerah Maluku Utara Deklarasi Dukung Jokowi

Sembilan Kepala Daerah yakin Jokowi mampu membawa wilayah Maluku Utara semakin maju.

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Bayu Hermawan
Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto
Foto: Republika TV/Havid Al Vizki
Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak sembilan dari 10 kepala daerah tingkat dua di Provinsi Maluku Utara mendeklarasikan dukungan kepada pasangan Jokowi-Maruf Amin. Juru bicara sembilan kepala daerah di Provinsi Maluku Utara, Hendrata Theis mengatakan dukungan diberikan demi kemenangan bangsa Indonesia.

"Maluku Utara ingin maju di bawah kepemimpinan Pak Jokowi," kata Juru Bicara para kepala daerah Hendrata Theis di Rumah Aspirasi Jokowi-Ma'ruf di Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Ahad (3/2).

Hendrata mengatakan, pihaknya Maluku Utara berkomitmen memenangkan pasangan calon (paslon) 01 sebesar 90 persen di daerah tersebut. Dia mengatakan, dukungan diberikan demi kemenangan bangsa Indonesia.

Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Hasto Kristiyanto menyambut baik dukungan tersebut. Dia mengatakan, Maluku dan Maluku Utara memiliki pengalaman pahit konflik di masa lalu. Sebabnya, dia melanjutkan, ketika fitnah dan hoaks mulai berseliweran demi ambisi politik di pemilu, komitmen para kepala daerah menjaga kedamaian patut didukung.

Sekretaris Jendral PDIP itu mengatakan, deklarasi itu merupakan dukungan yang baik serta menjadi energi positif bagi Jokowi-Ma'ruf sebagai pemimpin yang menggambarkan Indonesia. Dia berpendapat, kepemimpinan keduanya merupakan persatuan antara kekuatan nasionalis-agamis.

Hasto mengatakan, dukungan para kepala daerah itu datang dalam momentum yang tepat. Lanjut, Hasto, dukungan itu diharapkan lanjut ke kerja-kerja politik di lapangan.

"Setelah ini semua akan bergerak ke bawah dan langsung kami akan keluarkan surat tugas untuk memimpin di daerahnya masing-masing sesuai target yang sudah disampaikan," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Hasto mengatakan, para kepala daerah itu tidak ingin menggunakan berbagai isu hoaks dan fitnah. Hasto mengatakan, ini menyusul mereka telah merasakan konflik dan perpecahan. Modal utamanya, dia mengatakan, adalah persatuan bangsa itu sendiri.

Sementara, salah satu yang memberikan dukungan adalah anak buah Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Hendrata Theis. Dia merupakan Bupati Kepulauan Sula yang juga Ketua DPD Partai Demokrat (PD) Propinsi Maluku Utara. Hadir juga Ketua DPRD provinsi Maluku Utara Alien Mus serta belasan anggota DPRD lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement