Kamis 31 Jan 2019 20:17 WIB

Ketua TKN Imbau Prabowo tak Keluar Jalur Saat Debat

Erick meminta Pranowo untuk tidak membawa diskusi keluar topik yang telah ditentukan.

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Bayu Hermawan
Erick Thohir
Foto: Darmawan / Republika
Erick Thohir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) pemenangan pasangan calon (paslon) 01, Erick Thohir, mengimbau calon presiden (capres) Prabowo Subianto untuk fokus dalam tema debat kedua nanti. Erick meminta Ketua Umum Gerindra itu tidak membawa diskusi keluar topik yang telah ditentukan.

''Kalau beliau mengangkat isu-isu yang lain, ya itu akhirnya nanti yang kasihan rakyat sendiri,'' kata Erick Thohir di posko Cemara, Jakarta Pusat, pada Kamis (31/1).

Menurut Erick, pembahasan di luar tema yang ditentukan kemungkinan membuat masyarakat tidak akan mendapatkan jawaban yang baik dari kedua capres. Sebabnya rakyat tidak bisa mendapatkan jawaban secara lengkap atas topik yang diperdebatkan.

Erick melanjutkan, debat merupakan ajang yang ditunggu-tunggu masyarakat yang menanti pemaparan visi dan misi kedua paslon. Dia mengatakan, rakyat berharap kedua capres dapat sudah dilakukan hari ini tapi juga yang akan datang. Erick mengatakan, sejauh ini caprea pejawat telah melakukan persiapan yang kurang lebih serupa dengan debat perdana pada beberapa waktu lalu. Dia mengungkapkan, Jokowi akan berdiskuai dengan tema debat bersama timndan mengenal lapangan debat.

"Karena kan berbeda juga konsepnya, tempat duduknya tidak ada di belakang sekarang, lalu lokasinya berbeda, pasti perlu pengenalan, sudah wajar," ujarnya.

Anggota tim debat paslon 01 Usman Kansong mengungkapkan, sejauh ini TKN belum melakukan persiapan signifikan terkait debat kedua. Dia mengatakan, persiapan intensif akan dilakukan ketika Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah mengetuk palu terkait format debat.

Usman mengatakan, format debat yang berubah itu rencananya belum diputuskan final di segmen keempat. Dia menjelaskan, di segmen itu akan ada pertanyaan dari panelis tapi dibacakan oleh moderator yang bentuknya mungkin akan lebih menarik.

Setiap paslon, Usman mengungkapkan, akan menjawab pertanyaan yang sama dengan durasi waktu sekitar 15 sampai 20 menit. Keduanya, dia melanjutkan, bisa saling membantah argumen yang disampaikan lawan mereka.

Debat kedua pilpres akan digelar pada Ahad (17/2) nanti di Hotel Sultan, Jakarta. Peserta debat adalah calon presiden (capres) yang akan membahas tema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement