Rabu 30 Jan 2019 13:01 WIB

Kebakaran Lahan Gambut di Aceh Barat Meluas

Lahan gambut kering seluas enam hektare terbakar.

Red: Nur Aini
Kebakaran lahan gambut (ilustrasi)
Foto: Antara
Kebakaran lahan gambut (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di lahan gambut kering di Aceh Barat meluas dari dua gampong atau desa, menjadi tiga desa terletak di Kecamatan Johan Pahlawan, Meulaboh. Hal itu akibat titik api belum bisa dipadamkan oleh petugas.

"Menjadi tiga gampong, yakni Leuhan, Lapang, dan Suak Raya di Johan Pahlawan," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Teuku Ahmad Dadek di Banda Aceh, Rabu (30/1).

Ia mengatakan, operasi pemadaman yang dilakukan oleh berbagai unsur terkait, seperti TNI/Polri terus dilakukan dengan mengerahkan dua unit armada mobil pemadam kebakaran.

Berdasarkan informasi, kebakaran di dua desa di Meulaboh, telah diterima oleh posko Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat dari masyarakat setempat pada Selasa (29/1) sekitar pukul 15.00 WIB.

Ketika tim reaksi cepat BPBD Aceh Barat diturunkan langsung memantau kondisi lokasi kejadian, kobaran api terlihat sudah dalam keadaan membesar dengan membakari lahan gambut kering.

Hingga kini, sedikitnya seluas enam hektare lahan gambut kering terbakar di Gampong Lapang, sedangkan di Gampong Leuhan dan Gampong Suak Raya masih dalam pendataan

"Untuk penyebab kenapa gambut kering ini terbakar, masih dalam penyelidikan aparat hukum setempat," ujarnya.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Aceh Barat, Azwar mengatakan, tim reaksi cepat terus memantau perkembangan di lapangan, dan terus berkoordinasi dengan pihak terkait.

"Kami pastikan, tidak ada korban jiwa maupun korban yang mengungsi akibat kejadian terbakar lahan gambut," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement