Selasa 29 Jan 2019 19:07 WIB

Maklumat Habib Rizieq Agar Kader FPI Mundur, DPP PBB: Hoaks

Seruan Habib Rizieq kepada kader FPI di PBB bisa melemahkan partai Islam.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Andri Saubani
Habib Rizieq Shihab
Foto: Mahmud Muhyidin
Habib Rizieq Shihab

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Bidang Pemenangan Partai Bulan Bintang (PBB) Sukmo Harsono meragukan seruan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (HRS) yang ditujukan kepada kader FPI di PBB. Bahkan dia menyebut seruan itu hoaks yang dibuat oleh kelompok lain.

"Saya tidak meyakini imbauan itu benar, kecuali tidak lebih dari hoaks yang dilakukan oleh orang-orang dari kelompok-kelompok lain yang mengatasnamakan apakah itu HRS atau atas nama orang lain yang sebenarnya tujuannya justru melemahkan partai Islam yang akan duduk di parlemen," kata dia kepada Republika.co.id, Selasa (29/1).

Menurut Sukmo, imbauan HRS agar kader FPI mundur dari PBB, atau tidak aktif dalam pencalegan lewat PBB, itu berarti memberikan peluang kepada caleg-caleg partai lain untuk menang dalam pemilihan legislatif (pileg) 2019. Militansi caleg PBB, kata dia, tentu berbeda dengan caleg partai lain.

"Sangat berisiko apabila parlemen nanti baik di RI, provinsi, dan kabupaten/kota, itu dikuasai oleh para caleg yang tidak semilitan caleg PBB," ungkap dia.

Sukmo melanjutkan, imbauan agar mundur dari PBB itu justru merugikan caleg itu sendiri. Dia mengkhawatirkan, caleg-caleg yang lolos ke parlemen itu dari partai lain yang tidak memperjuangkan umat, dan militansinya tidak sebagus caleg-caleg PBB.

"Ini yang menjadi kontraproduktif imbauan itu," tutur dia.

Terlebih, Sukmo menjelaskan, Ketua Majelis Syuro PBB MS Kaban pun sudah menyampaikan agar semua caleg tetap bekerja sesuai pilihan hati nuraninya masing-masing, dan bertindak secara arif dan bijaksana sesuai arahan Majelis Syuro. "Imbauan mundur itu jelas bertentangan dengan tausiyah Ketua Majelis Syuro MS Kaban yang kebetulan mendukung 02 (Prabowo-Sandi)," katanya.

Sebelumnya diberitakan bahwa HRS mengeluarkan maklumat menanggapi sikap DPP PBB yang memberikan dukungan kepada pasangan calon (paslon) Jokowi-Ma'ruf Amin. Dalam maklumatnya, Rizieq mengingatkan keputusan resmi Rakornas PBB untuk bergabung dengan partai-partai yang mendukung memenangkan Jokowi. HRS menyerukan semua caleg PBB mengundurkan diri.

"Maka diserukan kepada segenap aktivis FPI dan sayap juangnya beserta semua Simpatisan FPI dan seluruh Umat Islam pendukung "Hasil ljtima’ Ulama" dimana pun berada, yang menjadi "Pengurus atau Caleg PBB" untuk segera mengundurkan diri massal dari kepengurusan maupun caleg PBB," kata Habib Rizieq dalam keterangan pers Maklumat PA 212, Senin (28/1) kemarin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement