Ahad 27 Jan 2019 11:01 WIB

Usai Safari Tiga Provinsi, Maruf Amin Semakin Optimistis

Kunjungan tiga provinsi menambah optimisme menuju pemenangan pilpres

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Esthi Maharani
Calon Wakil Presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin
Foto: Antara/Raisan Al Farisi
Calon Wakil Presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Calon wakil presiden KH Ma'ruf Amin semakin optimistis memenangi Pemilihan Presiden 17 April mendatang. Hal itu diungkapkan Ma'ruf usai melakukan safari ke tiga provinsi yakni Banten, Jawa Timur hingga Kalimantan Selatan sepekan penuh.

"Kunjungan ini menambah optimisme menuju pemenangan pilpres. Kita melakukan komunikasi secara langsung dengan berbagai pihak," kata Ma'ruf dalam keterangan tertulis yang diterima wartawan, Ahad (27/1).

Menurutnya, selama perjalanan di tiga provinsi itu, Ma'ruf melakukan silaturahmi dengan tokoh masyarakat, ulama, kiai, santri serta kalangan milenial serta relawan yang mendukung pasangan calon Jokowi-Ma'ruf.

"Alhamdulillah saya bisa menyelesaikan silaturahmi di tiga provinsi. Banyak manfaat yang didapat dari perjalanan ini. Inti perjalanan ini adalah mempererat silaturahmi sekaligus melakukan konsolidasi," ucap cawapres nomor urut 01 tersebut.

Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama ini menyadari Jokowi pada Pilpres 2014 kalah dari Prabowo Subianto di beberapa wilayah yang dikunjunginya tersebut. Namun, Ma'ruf meyakini saat ini situasi bisa terbalik. Itu karena dirinya menangkap antusiasme tinggi dari masyarakat di wilayah tersebut.

"Di Banten, saya menyampaikan bahwa saya ini putera daerah. Di Jawa Timur pun dukungan datang dari para ulama Jawa Timur dan ulama Madura. Di Kalsel pun demikian," kata Ma'ruf.

Dalam setiap kesempatan bicara, Ma'ruf juga menekankan dua hal agar Pileg dan Pilpres itu tidak menimbulkan perpecahan antarsesama anak bangsa. Ia juga mengimbau agar masyarakat tak ikut menyebarkan kabar bohong atau hoaks.

"Saya selalu mengimbau agar Pileg dan Pilpres itu tidak menimbulkan perpecahan terhadap bangsa dan negara kita. Saya juga mengajak masyarakat tidak menyebar hoaks atau berita bohong," paparnya.

Setibanya di Jakarta, Kiai Ma'ruf pun sudah memiliki jadwal yang padat. Di kediamannya hari ini akan menerima beberapa tamu seperti Ratu Hemas dan Diaz Hendropriyono. Bahkan, pada Selasa (29/1) pun Kiai Ma'ruf sudah terjadwal akan berkunjung ke Kabupaten Jawa Barat.

"Memang silaturahmi ke wilayah Jawa Barat dan Banten akan semakin diintensifkan. Kita akan tancap gas untuk menyapa masyarakat dan bersilaturahmi dengan berbagai kalangan," kata Ma'ruf.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement