Ahad 27 Jan 2019 04:24 WIB

Banjir Terjang Boalemo, 2.208 Orang Terdampak

Banjir di Boalemo, Gorontalo, lantaran hujan deras.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ratna Puspita
Warga menunggu air surut menyusul banjir yang menggenangi rumah dengan ketinggian 1 meter di Kelurahan Tabumela, Kabupaten Gorontalo, Gorontalo, Minggu (30/10).
Foto: Antara/Adiwinata Solihin
Warga menunggu air surut menyusul banjir yang menggenangi rumah dengan ketinggian 1 meter di Kelurahan Tabumela, Kabupaten Gorontalo, Gorontalo, Minggu (30/10).

REPUBLIKA.CO.ID, GORONTALO -- Hujan deras yang mengguyur beberapa desa di Kecamatan Taliamuta dan Botumeito, Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo menyebabkan banjir melanda wilayah tersebut pada Sabtu (26/1) pukul 14.00 WITA. Sebanyak 2.208 orang terdampak akibat bencana tersebut. 

“Total korban yang terdampak ada 655 keluarga atau sekitar 2.208 jiwa,” kata Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam rilis yang diterima Republika, Sabtu (26/1) malam. 

Rincian warga yang terdampak terbagi menjadi beberapa wilayah di dua kecamatan yang ada, antara lain Desa Mohungo (294 keluarga), Desa Ayuhulalo (50 keluarga), Desa Lamu (130 keluarga), Desa Limbato (15 keluarga), dan Desa Potanga (165 keluarga). 

Dampak kerugian akibat bencana banjir yang melanda yaitu satu unit rumah rusak ringan dan 655 unit rumah rusak terdampak. Sementara di Kecamatan Taliamuta, satu unit gedung sekolah SD terendam, satu unit Kantor Desa Mohungo terendam, dan satu unit masjid terendam. Di Kecamatan Botumoito, satu unit gedung SD terendam. 

Terkait adanya peristiwa tersebut, BPBD Kabupaten Boalemo telah melakukan evakuasi dengan melakukan pendataan dan mendistribusikan bantuan logistik. Kondisi cuaca terkini di wilayah sekitar bencana banjir terpantau hujan ringan dan dimungkinkan kenaikan muka air akan terjadi kembali. 

“TMA (tinggi muka air) di sana berkisar 50 sentimeter hingga 1,25 meter,” kata Sutopo. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement