Jumat 25 Jan 2019 19:44 WIB

Longsor Terjang Pinggir Sungai Cisuda Sukabumi

Tidak ada warga terdampak longsor.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Nur Aini
Ilustrasi tanah longsor.
Foto: Antara/Adeng Bustomi
Ilustrasi tanah longsor.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Bencana longsor menerjang Kampung Tugu Kelurahan Jayaraksa, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi Kamis (24/1) malam. Dampaknya warung bakso yang ada di pinggiran Sungai Cisuda tergerus longsor dan hancur.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi menyebutkan, longsor terjadi pada Kamis malam sekitar pukul 21.39 WIB. Lokasi bencana berada di Kampung Tugu RT 01 RW 04 Kecamatan Baros.

‘’Petugas sudah mengecek lokasi kejadian dan diperoleh informasi tidak ada warga yang terdampak,’’ ujar Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Sukabumi Zulkarnain Barhami kepada wartawan Jumat (25/1). Longsor hanya menyebabkan warung bakso di pinggiran Sungai Cisudah hancur.

Kejadian itu, kata Zulkarnain, dipicu karena faktor hujan yang mengguyur sejak Kamis siang. Sementara warung yang berukuran 3x4 meter persegi tersebut merupakan zona terlarang. Sebabnya kawasan tersebut masuk sempadan sungai.

Zulkarnain menuturkan, yang terbawa longsor terdiri atas gerobak bakso dan bangunanya. Kerugian diperkirakan mencapai sekitar Rp 2,5 juta.

Menurut Zulkarnain, pada musim hujan atau cuaca ekstrem masyarakat harus tetap waspada. Hal itu terutama warga yang tinggal daerah pinggiran sungai atau gawir tebing untuk selalu memperhatikan lingkungan sekitar. Hal itu untuk mencegah timbulnya korban jiwa maupun kerugian materiil akibat bencana. Zulkarnain menerangkan, petugas BPBD siap memberikan bantuan tanpa dipungut biaya dalam hal penanganan kebencanaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement