Senin 21 Jan 2019 17:23 WIB

KAI Sumut Permudah Cetak Tiket Penumpang

KAI berharap penumpang menjadi lebih nyaman dalam melakukan perjalanan kereta api.

Penumpang kereta bandara bersiap naik ke gerbong menuju Bandara Kualanamu di Stasiun Kereta Api Besar, Medan, Sumut, Jumat (31/10). (Antara/Irsan Mulyadi)
Penumpang kereta bandara bersiap naik ke gerbong menuju Bandara Kualanamu di Stasiun Kereta Api Besar, Medan, Sumut, Jumat (31/10). (Antara/Irsan Mulyadi)

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Manajemen PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre I Sumatera Utara (Sumut) memberi kemudahan kepada penumpang dengan bisa mencetak tiket pada mesin check in counter di semua stasiun online yang melayani kereta api jarak jauh. Fasilitas mesin check in atau cetak tiket PT KAI sudah ada di Stasiun Medan, Tebingtinggi, Kisaran, Mambang Muda, Rantauprapat, Siantar dan Tanjungbalai.

"Kemudahan itu sudah mulai diberlakukan 17 Januari 2019 pukul 15.00 WIB, " ujar Manager Humas PT KAI Divre I Sumut, M Ilud Siregar di Medan, Senin (21/1).

Menurut dia, check in di seluruh stasiun online itu dapat dilakukan mulai H-7 hingga H-1 atau 24 jam sebelum keberangkatan kereta api. Ilud memberi contoh,  penumpang KA Sribilah  (Medan-Rantauprapat) yang akan berangkat tanggal 2 Februari 2019, paling lambat bisa melakukan check in di semua stasiun online tanggal 1 Februari 2019 atau 24 jam sebelum keberangkatan.

Jika kurang dari 24 jam, penumpang hanya bisa melakukan check in di stasiun keberangkatannya dan stasiun antara sesuai relasi tiket kereta api. "Penumpang dari Medan yang akan menggunakan fasilitas angkutan kereta api di Pulau Jawa yang telah memiliki tiket juga bisa melakukan check in di Stasiun Medan," ujar Ilud.

Menurut dia, kemudahan check in itu untuk semakin memanjakan penumpang. Dengan sudah check in lebih dulu, maka penumpang tidak perlu repot atau takut terlambat akibat antrean panjang di hari H keberangkatan.

Selian kemudahan check in, KAI juga sudah menyediakan fitur e-boarding pass pada aplikasi KAI Access. Fitur itu membuat penumpang tidak perlu lagi repot-repot mengantre di mesin check in counter untuk mencetak tiket.

E-boarding pass dapat diakses  penumpang mulai dari dua jam sebelum keberangkatan kereta api. Dengan berbagai kemudahan, KAI berharap penumpang menjadi lebih nyaman dalam melakukan perjalanan kereta api. "Dari mulai sebelum keberangkatan, selama perjalanan hingga tiba di stasiun tujuan," ujarnya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement