Senin 21 Jan 2019 14:00 WIB

Pemkot Bandung Siapkan Pembangunan 20 Taman

Selama ini sudah bangun 207 taman RW dari sekitar 1500an RW yang ada.

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Dwi Murdaningsih
Taman kecil di rumah/ilustrasi
Foto: coupons-code.org
Taman kecil di rumah/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan membangun sejumlah taman pada tahun 2019 ini. Taman-taman yang dibangun berskala taman RW.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman, Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung Dadang Dharmawan mengatakan ada 20 taman RW yang akan dibangun pada tahun ini. Taman ini tersebar di sejumlah kelurahan di Kota Bandung.

"Untuk penataan taman kami akan membangun 20 taman RW," kata Dadang di Pendopo Kota Bandung, Senin (21/1).

Ia menyebutkan kelurahan yang akan dibangun taman RW diantaranya di Kelurahan Cipadung Kidul, Antapani Tengah, Hegarmanah, Sukabunga, Neglasari, Manjahlega, Derwati, Gerlong, Arjuna, Sukawarna. Kemudian di Cisaranten Kidul, Antapani Kulon, Sekejati, Mengger, Margahayu Utara, Sukaraja, Jatihandap, Pasirwangi, Cibaduyut Wetan.

Ia mengatakan untuk pembangunan taman RW ini pihaknya menganggarkan Rp 4,13 miliar. Pembangunan satu taman menghabiskan anggaran sekitar Rp 100 juta - Rp 200 juta tergantung luas dan desainnya.

"Selama ini sudah bangun 207 taman RW dari sekitar 1500an RW yang ada," ujarnya.

Untuk taman tematik yang skalanya lebih besar, ia mengaku tidak ada pembangunan pada tahun ini. Pihaknya hanya melakukan penataan dan perawatan dari taman-taman tematik yang sudah ada.

"Untuk peneliharaan ada anggaran Rp 10 miliar. Ada penataan, revitalisasi," ucapnya.

Ia menambahkan untuk taman yang akan direvitalisasi di antaranya Taman Musik dan Babakan Siliwangi. Pihaknya akan memperbaiki amphiteater yang ada serta menambah ornamen-ornamen dan pengecatan ulang. Pada taman tersebut juga akan ditambah mushola dan toilet.

Selaim itu, kata dia, dari anggaran pemeliharaan taman juga dianggarkan untuk membayar PLH yang bertugas melakukan pemeliharaan taman. Ada 318 PLH yang berada di bawah DPKP3.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement