Kamis 17 Jan 2019 19:19 WIB

Siap Berangkat Debat, Jokowi: Ini Sudah Mantul

Jokowi-Kiai Ma'ruf melaksanakan shalat berjamaah sebelum berangkat ke lokasi debat.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Bayu Hermawan
Paslon capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf melaksanakan shalat maghrib berjamaah di Kompleks Istana Merdeka sebelum menuju lokasi debat.
Foto: Republika/Sapto Andika Candra
Paslon capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf melaksanakan shalat maghrib berjamaah di Kompleks Istana Merdeka sebelum menuju lokasi debat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf Amin, sudah bersiap menuju lokasi debat perdana pilpres 2019 di Hotel Bidakara. Usai menjalankan shalat maghrib berjamaah di Masjid Baiturrahim Kompleks Istana Merdeka, baik Jokowi dan Ma'ruf menyempatkan diri menemui awak media.

Saat ditanya kesiapan menghadapi debat capres malam nanti, Jokowi menjawab bahwa dirinya sudah siap dan hanya tinggal berangkat menuju acara. "Ini sudah mantul (mantap betul). Ini kan tinggal berangkat," ujar Jokowi, Kamis (17/1) petang.

Jokowi menyebutkan, dalam debat nanti tidak ada pembagian khusus antara dirinya dan KH Ma'ruf Amin. Kiai Ma'ruf, katanya, juga akan ikut menimpali debat yang dilontarkan Jokowi.

"Kalau saya masih kurang ditambahi Pak Kiai. Pak Kiai juga sampaikan beberapa bidang," kata Jokowi.

"Saya ikut pak jokowi. (Saya) kan nanti terima bagian limpahan dari Pak Jokowi saja,"ujar Kiai Ma'ruf menambahkan.

Jokowi dan Ma'ruf berangkat dari Istana Merdeka sekitar pukul 19.00 WIB menuju lokasi debat i Jakarta Selatan. Jokowi sendiri lebih banyak menghabiskan waktu di Istana Bogor sejak Kamis (17/1) pagi.

Baru sore sekitar pukul 16.20 WIB, rombongan Presiden berangkat menuju Istana Merdeka. Baik Jokowi dan Ma'ruf sudah menjalani sesi pemantapan untuk debat malam ini. Ma'ruf tercatat sudah menjalani tiga kali latihan atau pemantapan debat secara formal. Sementara Jokowi disebut tidak menjalani latihan secara formal.

Jusuf Kalla menilai bahwa debat capres bukan persoalan sulit bagi Jokowi karena topik malam ini, politik, HAM, dan penanggulangan terorisme sudah dikerjakan pemerintah.

"Semua sudah dikerjakan pemerintahan Pak Jokowi. Jadi kalau ada pertanyaan soal itu ya dari fakta saja. Jadi tidak sulit," ucap JK.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement