Selasa 08 Jan 2019 20:45 WIB

Cak Imin: Jokowi-Ma'ruf tak Ada Persiapan Khusus untuk Debat

Debat perdana capres-cawapres akan digelar pada 17 Januari.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Andri Saubani
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar
Foto: Republika/Haura Hafizhah
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dewan Penasihat Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin, Muhaimin Iskandar mengungkapkan bahwa tidak ada persiapan khusus yang dilakukan oleh pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin jelang debat perdana capres-cawapres 17 Januari 2019 mendatang. Pria yang akrab disapa Cak Imin tersebut mengungkapkan Jokowi sangat siap menghadapi debat.

"Persiapan khusus nggak ada, Pak Jokowi jalan saja," kata Cak Imin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (8/1).

Begitu juga dengan Ma'ruf Amin, Cak Imin menegaskan bahwa pada intinya keduanya siap menjawab semua pertanyaan dari panelis debat dan dari Prabowo-Sandiaga. Kendati demikian, Cak Imin mengungkapkan bahwa TKN KIK tetap akan berdiskusi internal untuk menyiapkan persiapan debat.

"Tim aja yang menyiapkan apabila diperlukan," tutur ketua umum PKB tersebut.

Cak Imin menyadari bahwa isu-isu terkait beberapa kasus pelanggaran HAM yang belum tuntas di pemerintahan Jokowi, dan pemberantasan korupsi akan dijadikan celah oleh kubu paslon nomor urut 02. Menurutnya, hal tersebut hanyalah persoalan perbedaan cara pandang.

"Yang paling penting adalah bagaimana menunjukkan kinerja, pemberantasan korupsinya, kinerja law enforcement-nya, kalau buat inkumben seperti Pak Jokowi tentu fakta-fakta di lapangan,"

Sementara itu, terkait adanya kisi-kisi pertanyaan debat yang diberikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) kepada masing-masing pasangan capres-cawapres, Cak Imin menuturkan TKN mengikut saja aturan yang di diberikan KPU. "Pada prinsipnya apapun yang diatur dan disiapkan KPU kita siap, mau tidak ada soal yang dikasih tahu, mau tertutup siap," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement