Senin 31 Dec 2018 10:20 WIB

1.217 Personel Gabungan Amankan Malam Tahun Baru di Bandung

1.217 personel gabungan akan mengamankan sejumlah titik di Kota Bandung.

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Bayu Hermawan
Kembang api di malam tahun baru. Ilustrasi
Foto: Blogspot
Kembang api di malam tahun baru. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Sebanyak 1.217 personel gabungan disiapkan untuk pengamanan malam tahun baru di Kota Bandung, Senin (31/12) malam. Mereka bersiaga menjaga di sejumlah titik menyambut perayaan pergantian tahun.

"Kita melibatkan personel selama oparasi lilin lodaya sebanyak 1217 gabungan polri dan istansi terkait. Untuk pengamanan tahun baru ada beberapa titik jadi pusat perhatian," kata Kasatlantas Polrestabes Bandung AKBP Agung Reza.

Reza mengatakan pihaknya memusatkan pengamanan terutama di titik-titik keramaian. Di antaranya di Jalan Asia Afrika dan Jalan Dago. Kawasan ini biasanya banyak diisi kegiatan-kegiatan merayakan tahun baru.

Reza berharap masyarakat berkegiatan tidak menggunakan badan jalan yang berakibat oada kemacetan. Meski demikian, petugas akan mengantisipasi kemacetan dengan rekayasa lalu lintas.

"Kita upayakan tidak ada kegiatan masyarakat yang menggunakan badan jalan sehingga arus lalu lintas tetap berjalan. Kita upayakan arus lalu lintas normal. Kalau pun ada kepadatan kita rekayasa," ujarnya.

Ia mengatakan Kota Bandung juga biasanya menjadi salah satu kota yang ramai dikunjungi wisatawan dari luar daerah. Mereka menghabiskan akhir tahun dengan berlibur di kota kembang.

Reza memprediksi ada 25 ribu kendaraan yang akan masuk ke Kota Bandung menyambut libur tahun baru ini. Tentunya kondisi ini berdampak pada kemacetan. Karenanya petugas kepolisian akan membantu mengantisipasi kepadatan. "Para wisatawan juga harus tetap  menjaga perilaku tertib dan disiplin," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement