Ahad 30 Dec 2018 22:53 WIB

2018, Pemkot Jaktim Pasang 28.905 LED Pintar

Lampu PJU sistem pintar dapat dihidupkan dan dimatikan dengan kendali.

Lampu LED
Lampu LED

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Pemerintah Kota Jakarta Timur memasang 28.905 lampu LED "Pintar" (Lighting Emitting Diode Smart System/LED SS) selama 2018. Lampu LED SS yang terpasang terdiri dari lampu berdaya 40 watt sebanyak 24.530 unit dan 90 watt sebanyak 4.375 unit.

Kepala Suku Dinas Perindustrian dan Energi Jakarta Timur Nurhidayat melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Ahad (30/12), mengatakan angka itu masih akan terus bertambah mengingat masih ada sisipan pemasangan yang sifatnya darurat. "Total pemasangan lampu LED SS tahun 2018 belum direkap keseluruhan. Karena angkanya masih akan terus bertambah hingga 31 Desember," ujar Nurhidayat.

Nurhidayat menyebut 2017 lalu, terpasang 34.935 unit lampu LED SS yang terdiri dari lampu dengan daya 40 watt sebanyak 22.943 unit, 90 watt (8.562 unit), 120 watt (1.380 unit), dan 200 watt (2.050 unit). Berdasarkan data yang dihimpun, penerangan jalan umum (PJU) pintar itu akan diterapkan di seluruh bagian Jakarta. Dengan sistem lampu pintar tersebut memudahkan petugas memonitor dan mengontrol lampu dari jauh.

PJU sistem pintar menerapkan konsep "Internet of Things" (IoT) yang menghubungkan internet dengan benda sehingga benda tersebut dapat dikontrol atau digunakan dengan perangkat tanpa kabel. Sistem canggih ini dikendalikan dari ruang kontrol yang berlokasi di kantor Suku Dinas (Sudin) Perindustrian dan Energi setempat yang memonitor unit lampu di wilayahnya selama 24 jam secara seketika (real-time).

Lampu PJU sistem pintar dapat dihidupkan dan dimatikan dengan kendali dari ruang kontrol sehingga lebih efisien dibandingkan dengan cara pengoperasian manual. Apabila ada lampu yang padam karena kerusakan, notifikasi akan muncul di layar ruang monitor dengan memberikan informasi lokasi, jenis lampu, serta nomor token lampu yang padam, sehingga operator ruang kontrol dapat langsung memberikan perintah kerja kepada petugas di lapangan untuk melakukan perbaikan segera.

Notifikasi bahwa lampu sudah dapat berfungsi seperti sedia kala juga akan muncul jika sudah rampung diperbaiki. Jenis lampu ini juga disebut menghemat biaya yang digunakan karena lampu dapat dinyalakan dan dimatikan tepat waktu, serta untuk daerah yang aktifitasnya minim pada malam hari, petugas dapat menurunkan pencahayaan serta penggunaan daya.

Lampu LED SS diklaim tahan lama karena dapat bertahan selama 50 ribu jam atau sekitar 12 tahun. Jenis daya lampu disesuaikan dengan kondisi jalan, misalnya untuk jalan utama menggunakan daya listrik 200 watt, untuk jalan penghubung 120 watt, jalan lingkungan 90 watt, dan untuk gang 40 watt.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement