Kamis 20 Dec 2018 17:14 WIB

TKN Yakin Rebut Suara di Banten

Jokowi mengalami kekalahan di Banten pada 2014.

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Muhammad Hafil
Anggota perwakilan partai politik berfoto dengan latar gambar pasangan calon presiden/wakil presiden nomor urut 01 saat Deklarasi Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma'ruf Amin Provinsi Jambi di Jambi, Minggu (16/12/2018).
Foto: Antara/Wahdi Septiawan
Anggota perwakilan partai politik berfoto dengan latar gambar pasangan calon presiden/wakil presiden nomor urut 01 saat Deklarasi Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma'ruf Amin Provinsi Jambi di Jambi, Minggu (16/12/2018).

REPUBLIKA.CO.ID, LEBAK -- Tim Kampanye Nasional (TKN) kubu pemenangan pasangan calon Joko Widodo-Ma'ruf Amin optimis segera merebut suara pendukung Prabowo Subianto di Banten. Optimisme itu muncul setelah melihat tingkat elektabilitas pasangan nomor urut 01 yang semakin mendekati kubu oposisi.

"Ya, memang proseskan, tapi sudah ada kenaikan dibandingkan 2014 dan selisihnya makin tipis," kata Sekretaris TKN Koalisi Indonesia Kerja (KIK) Hasto Kristiyanto di Lebak, Kamis (20/12).

Hasto mengatakan, elektabilitas Jokowi-Ma'ruf di Banten bakal segera menyalip suara Prabowo pada pemilu 2014 lalu. Hal itu, dia megungkapkan, dalam waktu dekat akan tercapai berkat kerja keras partai politik pengusung bersama relawan di daerah tersebut.

Hasto memprediksi, kerja keras itu akan membuat peta suara Jokowi-Prabowo imbang pada Januari 2019 di Banten. Kemudian, dia melanjutkan, suara pasangan calon nomor urut 01 akan meninggalkan nomor urut 02 pada Februari hingga Maret 2019.

"Akhir Januari nanti terjadi titik temu sehingga mulai Februari-Maret pak Jokowi-Kiai Ma'ruf Amin memimpin di Banten," katanya.

Banten menjadi salah satu kawasan prioritas bagi Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Kerja (TKN KIK) untuk berebut suara dengan pasangan Prabowo-Sandiaga. Tak hanya Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat juga masuk dalam kawasan prioritas tersebut.

Jokowi diketahui menelan kekalahan suara di Jabar dan Banten melawan pasangan Prabowo-Hatta Rajasa pada pemilu presiden 2014 lalu. Jokowi kalah 40,22 persen suara dibanding 59,78 persen di Jabar. Sementara, di Banten Jokowi kalah jumlah suara sebesar 42,90 persen melawan 57,10 persen. Calon presiden pejawat ini hanya menang di DKI Jakarta dengab perolehan suara 53,08 persen berbanding 46,92 persen.

Sementara, TKN bersama PDIP tengah melakukan safari politik kebangsaan keempat di Banten. Safari dilakukan guna mengokohkan suara pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin dikawasan tersebut.

Safari diawali dengan bertemu tokoh salah satunya Mulyadi Jayabaya. Lalu mengunjungi masyarakat Baduy luar, Ciboleger termasuk meninjau Pusat Industri Kerajinan Kreatif Masyarakat Baduy di Ciboleger. Disambung dengan silaturahmi ke Pondok Pesantren Cidahu di Pandeglang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement