Senin 17 Dec 2018 18:45 WIB

Sejumlah Komunitas Bersihkan Masjid Al Irsyad Yogyakarta

Mereka yang datang semata-mata mengharapkan ridho Allah.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq
 Kegiatan bersih-bersih di Masjid Al Irsyad Yogyakarta yang dilakukan Nusantara Peduli dan Love Masjid.
Foto: Dokumen.
Kegiatan bersih-bersih di Masjid Al Irsyad Yogyakarta yang dilakukan Nusantara Peduli dan Love Masjid.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Agenda bersih-bersih dilaksanakan sejumlah pemuda di Masjid Al Irsyad Yogyakarta. Kegiatan tersebut dilakukan puluhan orang yang berasal dari komunitas-komunitas seperti Nusantara Peduli dan Love Masjid.

Semua lini yang ada di masjid menjadi sasaran kegiatan bersih-bersih itu. Mulai ruangan shalat, bagian buku-buku, tempat-tempat Alquran, peralatan ibadah, toilet, sampai tempat wudhu.

Koordinator dari Love Masjid, Didik mengatakan, terdapat 20 orang yang tergerak hatinya untuk berperan aktif dalam kegiatan ini. Mereka semua datang tanpa ada iming-iming imbalan dari manapun.

Ia berpendapat, mereka yang datang semata-mata mengharapkan ridho Allah karena itu semua merupakan panggilan hati. Untuk itu, Didik berharap kegiatan yang sama dapat terlesenggara kembali pada masa mendatang.

"Tidak ada bayaran untuk kami pribadi, biar Allah saja yang membalas semua itu," kata Didik, Senin (17/12).

Takmir Masjid Al Irsyad Yogyakarta, Memed, memberikan apresiasi atas kegiatan itu. Ia turut mengungkapkan terima kasih kepada komunitas-komunitas yang telah berperan mewujudkan kegiatan tersebut.

"Semoga semua ini menjadi amal jariyah buat panjenengan (Anda) semua," ujar Memed.

Nusantara Peduli memang memiliki program bernama Benah Rumah Ibadah. Koordinator dari Nusantara Peduli, Zainal Oktavianto menuturkan, program itu menjadi salah satu bentuk dakwah yang dilakukan.

Ia menekankan, program ini merupakan jembatan bagi para donatur dan pengelola masjid atau mushola. Utamanya, agar menjadikan rumah ibadah sebagai tempat yang layak dan nyaman bagi para jamaah saat digunakan beribadah.

Selain berdakwah, Zainal menekankan, kegiatan ini bertujuan menyejahterakan setiap masjid atau mushala yang ada di Indonesia. Sehingga, jamaah akan merasa nyaman dan khusyuk saat melaksanakan ibadah.

Untuk itu, ia mengajak segenap masyarakat dari segala ini untuk saling menjaga kenyamanan dan ketentraman rumah-rumah ibadah. Setidaknya, dari masjid atau mushala yang ada di sekitaran tempat tinggal masing-masing.

"Terutama, masjid atau mushala yang sering kita datang setiap harinya," kata Zainal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement